Penularan TBC di Sumenep Tertinggi ketiga di Jatim

0
886
Tim medis sedang menangani pasien TBC di Sumenep, Jawa Timur (Foto:Dok.Madura Expose)

MaduraExpose.com- Penularan penyakit TBC  ((tuberculosis)) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur masih tergolong tinggi dan perlu perhatian khusus pemerintah daerah tingkat dua maupun provinsi Jatim.

Berdasarkan data yang dihimpun Madura Expose dari Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, penyebaran penyakit TBC baik yang bersifat menular maupun mematikan, justru masuk peringkat terbesar ketiga di Jawa Timur, terhitung sejak tahun 2014 lalu.

Data itu menyebutkan, mayoritas TBC menyerang kelompok orang dewasa yang jumlahnya mencapai 1553 dan 891 lainnya harus diwaspadai karena berpotensi menular.

“Paling banyak pasien yang terserang TBC ini dari Kecamatan Pragaan, Batang-Batang, Pasongsongan, Bluto dan Talango”, terang Jailani, wakil supervisor Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Senin (23/3/2015).

 

Dari sekian banyak pasien penderita penyakit TBC itu, mayoritas lebih disebabkan bakteri yang kemudian menular dan menyebar dikalangan internal keluarga penderita dan bahkan warga lainnya yang mengalami kontak dengan penderita.

 

“Penyakit TBC ini lebih mudah menular melalui udara, terlebih bagi yang sering melakukan interaksi langsung dengan pasien”, paparnya menambahkan.

 

Selain kontak langsung maupun udara, faktor lain penyebab terjangkitnya penyakit TBC akibat kekuarangan gizi yang berdampak pada berkurangnya sistem kekebalan tubuh seseorang.

(M2D/FER)