Sumenep, Maduraexpose.com- Calon Bupati (Cabup) Sumenep priode 2015-2020 Zainal Abidin (ZA) sejak awal memiliki perhatian penuh terhadap kesejahteraan para nelayan di seluruh kepulauan dan kawasan pesisir pantai terdekat seperti Pasongsongan, Ambunten, Dasuk dan nelayan di Kecamatan Pragaan.

Menurut ZA, Salah satu cara efektif dalam membangun ekonomi nelayan berbasis kelautan tersebut, tak hanya mengandalkan sumber daya alam yang dihasilkan laut semata, namun harus dibarengi dengan kekuatan Sumber Daya Manusia yang mumpuni dan saling melibatkan diri secara proporsional dan totalitas.

ZA juga memuji beberapa pengusaha ikan yang selama ini menjadi keluarga besar nelayan di Dusun Lebak, Kecamatan Pasongsongan. Salah satunya pengusaha yang menjadi perhatian ZA adalah H.Bushri,tokoh masyarakat sekaligus pengusaha muda sukses dikawasan Pantura Sumenep.

“Pak H.Busyri adalah pengusaha muda yang saya kagumi. Sumenep harus bisa mengkloning pengusaha seperti beliau”, ujar ZA, Calon Bupati Sumenep dengan nama lengkap Dr.Ir.H.Zainal Abidin, MM,ME kepada Maduraexpose.com.
Kemampuan tata kelola pemerintahan dalam upaya membangun ekonomi masyarakat yang melekat pada Tokoh kharismatik yang dekat dengan kalangan kiai chos Sumenep ini sudah dibuktikan sejak dirinya menjadi pejabat penting di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM

Sementara itu pengamat politik dan pemerintahan Sumenep (PPPs) Tedy Muhtadi menilai, apa yang menjadi obsesi ZA untuk membangun ekonomi nelayan berbasis kelautan bukanlah isapan jempol belaka. Sejarah dan kinerja ZA sejak menjabat Kepala Bappeda Pemprov Jawa Timur menjadi tolak ukur kemampuannya.

“Sukses tidaknya sebuah organisasi pemerintahan itu ditentutukan oleh moral dan kemampuan pemimpinnya. Begitu juga dengan kesejahteraan masyarakat nelayan di Sumenep. Kami sangat yakin Pak ZA mampu membawa Kabupaten ini jauh lebih bermartabat dan sejahtera”, ujarnya kepada Maduraexpose.com, Sabtu (14/11/2015).

Tedy juga meyakini, apabila ZA menang dalam Pilkada Sumenep pada 9 Desember 2015, seluruh kebutuhan nelayan akan jauh lebih mudah terakomodir. Termasuk soal transportasi laut di kepulauan yang sangat menyedihkan.

“Pak ZA jauh lebih mampu melihat kedepan soal potensi, produksi sumber daya ikan yang ada diseluruh perairan Sumenep, termasuk segala permasalahannya yang tidak terpecahkan oleh pemimpin sebelumnya”, pungkasnya panjang lebar.

[Hot News Pilkada: Kayyis: Rezim Busyro Karim ‘Tak Serius’ Urus PLN Kepulauan]

FERRY ARBANIA