Scroll untuk baca artikel
KOLOM

Sya’ban Tangga Penting Sukses Ramadhan

Avatar photo
176
×

Sya’ban Tangga Penting Sukses Ramadhan

Sebarkan artikel ini

Oleh: Achmad Fazeri/Hidayatullahcom

DALAM dunia marketing ada istilah “gagal merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan.” Nampaknya hal itu bukan sekedar candaan, sebab pada kenyataannya, semua hal baik tidak ada yang bisa dicapai tanpa perencanaan yang baik.

Sayyidina Ali berkata, “Kebenaran yang tidak diorganisir akan dikalahkan oleh kebathilan yang diorganisir.”

Ungkapan Khalifah ke empat itu bisa kita maknai bahwa sekalipun Ramadhan akan menyapa kehidupan kita, jika tidak ada upaya mengorganisir diri dengan sebaik-baiknya, maka kesia-siaan bukan tidak mungkin akan banyak mewarnai puasa kita sebulan penuh. Alasannya jelas, memang tidak ada perencanaan. Jadi, bagaimana mungkin bisa meraih kemenangan?

Terlebih Ramadhan bukan saja momentum bagi kita yang benar-benar ingin meningkatkan iman dan taqwa. Ramadhan juga menjadi momentum emas para pencari dunia, di antaranya adalah media massa, terutama televisi yang sangat gencar mengemas beragam program tontonan yang seringkali menjadikan kita lupa dan lalai bahwa kita sedang berada di bulan puasa, sehingga nyaris waktu tersedot untuk menonton dan membicarakan tayangan-tayangan yang menyita perhatian kita sendiri.

Belum lagi, kala nanti memasuki 10 hari terakhir Ramadhan, bombardir iklan sangat luar biasa, yang jika kita termasuk orang yang tidak punya niat dan benar-benar ingin beri’tikaf bukan tidak mungkin akan menjadi sasaran empuk para pelaku pasar. Belum lagi ‘rayuan’ dari istri dan anak yang sudah barang tentu teriak-teriak belanja untuk lebaran.

Oleh karena itu, memasuki Sya’ban sangat elok jika segera menyusun perencanaan. Sebab, tanpa tantangan budaya seperti di atas, Rasulullah sejak dini telah menjadikan Sya’ban sebagai bulan persiapan.

------------------------