TPA Batuan Diharapkan Tak Sekadar Lumbung Sampah

0
549

sampah-ilustrasi-istMaduraExopose.com- Dibangunnnya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) baru yang berlokasi di Kecamatan Batuan, Kabupaten Sumenep diharapkan banya pihak tidak hanya sekedar menambah “Sampah” yang ujung-ujungnya tidak dijalankan sesuai fungsinya secara maksimal. Masyarakat berharap, hadirnya TPA mampu menyelesaikan persoalan sampah yanag selama ini kerap dikeluhkan.

Persoalan tersebut juga mendapat reaksi positif dari instansi terkait. Bahkan camat Batuan, Ali Dhofir menargetkan adanya TPA tidak hanya mengatasi persoalan sampah, melainkan dampak positif yang lebih besar terhadap masyarakat dengan mengupayakan adanya pengelolaan secara profesional. Pihaknya merencanakan semua sampah nantinya dikelola menjadi biogas.

“Satu dua tahun kedepan, biogas yang dihasilkan dari sampah, sangat mendukung terciptanya lingkangan yang bersih dan bebas sampah. Nilai ekonomisnya dengan mengelolanya menjadi pupuk organik dan bisa juga untuk pembangkit tenaga listrik berbasis teknologi”, ujarnya.

Pihaknya berharap agar instansi pemerintah lainnya seperti Badan Pertanahan Nasional (BPN) bisa memfasilitasi pelepasan hak atas tanah yang digunakan perluasan pembangunan TpA. Termasuk sinergitas dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Sumenep diharapkan terbangun dengan pihak kecamatan Batuan, Sumenep, Madura, Jawa Timur.

(fer)