Scroll untuk baca artikel
Hot Expose

Suhu Politik Pilkades Talango Memanas

Avatar photo
73
×

Suhu Politik Pilkades Talango Memanas

Sebarkan artikel ini

Warga Pulau Poteran Lapor Bupati Terkait Maraknya Dugaan Jual Beli  Dukungan.

 

Sumenep, MaduraExpose.com-

Karut marutnya pelaksaan pemilihan kepala desa yang terjadi di Desa/Kecamatan Talango, Pulau Poteran, seperti jual beli dukungan akhrinya dilaporkan kepada Bupati Sumenep A. Busyro Karim, Selasa (28/10).

Mereka meminta agar pemerintah sumenep untuk menunda pelaksanaan pesta demokrasi yang bakal digelar bulan depan. Laporan tersebut disampaikan atas nama Forum Silaturrahmi Masyarakat Talango (Forsmat).

Selain melaporakn kepada Bupati Sumenep A. Busyro Karim, meraka juga melaporkan tindakan yang dilakukan salah satu cakades yang dinilai telah mencederai proses demokrasi itu.

Mmereka juga melaporkan kepada sejumlah pejabat tinggi yang berada di Kabupaten Sumenep, seperti ketua DPRD Sumenep Herman Dali Kusuma dan kepala bagian pemerintahan desa (Kabag Pemdes) Moh. Ramli.

Sekretaris Forsmat Asis Asmong (33) laporan yang disampaikan tersebut, merupakan salah satu bentuk keperudilian masyarat Kecamtan Talango, untuk mengawal proses pesta demokrasi ditingkat desa.

Sehingga, perjalan demkorasi tersebut berjalan sesuai yang diamanhkan dalam proses demokrasi. Salah satunya, pesta demokrasi tersebut harus berjalan Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia(LUBER).

Selain itu, desakan penundaan pelaksanaan pilkades salah satunya disebabkan karena persyaratan dukungan menggunakan kartu tanda penduduk (KTP) bagi calon yang melebihi batas maksimal.

Sebab kebijakan itu telah memunculkan fenomena yang dapat mengurangi keabsahan pesta demokrasi terbesar di desa itu. menurutnya, akibat dari kebijakan itu kini di desanya marak jual beli KTP sebagai bukti dukungan.

------------------------