RSUD Sumenep Sering “Minta Nyawa”, KMS: Wajar Pak Said Marah!!!

0
1254
Anggota DPR RI, Said Abdullah saat blusukan menengok pasien RSUD H.Moh.Anwar Sumenep, Madura, Jawa Timur./Istimewa.

MADURAEXPOSE.COM—Meninggalnya Mariyatul Kibtiyah (13) asal Desa Lalangon, Kecamatan Manding, Sumenep, yang meninggal di RSUD H.Moh.Anwar Sumenep baru-baru ini mengundang keprihatinan banyak kalangan, termasuk dari Ketua Kaukus Mahasiswa Sumekar, Achmad Zainullah.

Meninggalnya pasien tersebut, diduga karena kelalalian tim dokter RSUD H.Moh.Anwar yang diduga salah diagnosis pasien cantik hingga merenggut nyawanya.

Kasus dugaan salah diagnosis tersebut, lanjut Zaen (sapaan akrab Ahmad Zainullah) menunjukkan adanya kelalaian. Apalagi sumber yang beredar dikalangan keluarga korban, pihak rumah sakit masih akan mendiagnosis ulang setelah korban menghembuskan napas terakhirnya.

Dugaan kelalaian tim medis ataupun tim dokter RSUD H.Moh.Anwar tersebut tidak hanya menimpa pasien meinggal Mariyatul Kibtiyah.

“Kasus dugaan salah diagnosis juga pernah terjadi sebelumnya yang menimpa Tria Nurul Cahaya yang masih berusia 5 tahun, pasien penderita Demam Berdarah Dengue asal Dusun Ponggul, Desa Angdake, Kecamatan Bluto Sumenep,”terang Zaen dalam wawancara khusus dengan MaduraExpose.com, Jum’at Malam, 21 Oktober 2016.

Tak hanya persoalan salah diagnosis saja, lanjutnya, selama ini pihak RSUD seringkali dikeluhkan dari sisi pelayanan lainnya.

“Wajar saja kalau Pak Said Abdullah bilang pelayanan di RSUD H.Moh.Anwar Sumenep paling buruk di Madura. Untuk apalagi Pak Bupati mempertahankan direkturnya. Semua yang terjadi dibawah, pimpinan rumah sakit itulah yang harus bertanggung jawab. Apa masih menunggu korban-korban berikutnya. Copot dan ganti saja direkturnya,” timpalnya.

Sebelumnya, anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Said Abdullah mencak-mencak di RSUD H.Moh.Anwar Sumenep demi melihat pelayanan rumah sakit tersebut yang sangat memperihatinka.

Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur dinilai paling buruk diantara RS yang ada di Madura.

“Pelayanannya terkenal paling buruk se-Madura,” kata Anggota DPR RI MH Said Abdullah, saat blusukan di RSUD dr Moh Anwar Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Menurut Said Abdullah, pelayanan rumah sakit yang dibutuhkan masyarakat bukan hanya terletak pada fasilitas gedung yang menjulang, namun yang paling dibutuhkan masyarakat adalah pelayanan optimal dan bertanggung jawab. [J88/Fer]