Scroll untuk baca artikel
Hot Expose

Pengamat: Jokowi Tak Perlu Cari Pengganti Imam Nahrawi   

Avatar photo
54
×

Pengamat: Jokowi Tak Perlu Cari Pengganti Imam Nahrawi   

Sebarkan artikel ini

https://youtu.be/19OfXuRYD88
Madura Expose–Direktur Eksekutif SETARA Institute, Ismail Hasani, mengatakan untuk mengisi kekosongan jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebaiknya tidak usah menunjuk menteri baru.

Posisinya bisa digantikan sementara secara merangkap oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia (Menko PMK) Puan Maharani.  

“Untuk mengisi kekosongan jabatan, Jokowi sebaiknya cukup menunjuk pelaksana tugas yang bisa dirangkap oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manko-PMK Puan Maharani sebagai Menpora ad interim. Sebab Kemenpora adalah salah satu kementerian dalam rumpun koordinasi Kemenko PMK,” ujar Ismail dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Kamis (19/9/2019).

Pilihan menunjuk menteri ad interim ini dinilainya lebih tepat mengingat masa jabatan kabinet Jokowi Jilid I akan berakhir pada 20 Oktober mendatang. Namun, alternatif lain yang bisa dipilih adalah menunjuk sosok baru sebagai menteri definitif. Akan tetapi, kata Ismail, untuk memastikan kontinuitas, sebaiknya pilihan menteri definitif yang akan menjabat lebih kurang 1 bulan adalah sosok yang juga telah dipilih Jokowi untuk mengisi posisi Menpora pada Kabinet Kerja Jilid II Oktober mendatang. Dia memberikan masukan jika alternatif ini dipilih Presiden.

“Yang harus dipastikan dalam mengisi posisi menteri baru, termasuk mengisi Kabinet Kerja Jilid II nanti, Jokowi tidak perlu mempertimbangkan klaim partai-partai politik yang merasa bahwa kementerian tertentu adalah portofolio kementerian yang harus diisi kader partainya.

------------------------