PAW Golkar Lamban, Gesang Budiarso: AF. Hari Ponto Itu Sudah Dipecat!!

0
1407

#PALING DEPAN: IWAN KETUA DPD II GOLKAR KABUPATEN SUMENEP KUBU ABU RIZAL BAKRI (ARB), MADURA, JAWA TIMUR/FERRY ARBANIA.

SURABAYA, MADURA EXPOSE- Meskipun telah lama surat pengajuan Pemberhentian AntarWaktu (PAW) AF. Hari Ponto, Kader DPD Partai Golkar Sumenep belumbisadiproses,Sebelumitupihak DPP partai telah mengirimkan surat pemecatan dan PAW kepada pinpinan dewan kabupaten Sumenep, namun hal itu tidak diproses karena keluarnya surat pemecatan AF. Hari Ponto tertanggal 11 Desember 2015 tidak punya dasar hukum yang kuat, dimana waktu itu SK yang diakui oleh pemerintah hasil munasAncolAgungLaksono.

Sebagaimana disamapiakan wakil ketua DewanHanafi, setalah melakukan kosultasi ke Biro pemerintahan Provinsi JawaTimur.

Pandangan tersebut berbeda dengan apa yang dikatakan Achmad Fauzin, Dosen sekaligus Pakar hukum dari UniversitasTrunojoyo Madura (UTM) yang mengatakan, bahwa pimpinan dewan itu tidak berhak menilai apakah SK pemecatan AF. Hari Ponto itu sah atau tidak sah akibat dualisme kepegurusan. Karena itu bisa ditafsirkan mengintervensi internal partai.

Seharusnya, setelah surat pemecatan itu masuk ke Pinpinan DPRD Sumenep, maka secepatnya memproses karena yang berhak menilai dan melakukan kajian terhadap proses PAW itu adalah Gubernur sebagai kepanjangan dari Pemerintah Pusat.
“Itu kan sudah ada aturannya mas. Kalau hal ini tidak diproses,maka Pinpinan Dewan bisa di PTUNkan”, ujar Habibul Izhar, pengamat politik dari Sumekar Network, Jawa Timur saat berbincang dengan Madura Expose, Sabtu (5/3/2016).

Dalam pemahaman Habib, semantara yang meski telah melakukan konsultasi ke Kabag pemerintahan provinsi JawaTimur, hal itu tidak mempengaruhi proses PAW yang sudah prosedural.

Dan kalau memang hal itu ada kekeliruan nantinya, lanjut Habib, Gubernur melalui kabiro pemerintahan yang akan berkirim surat Kepimpinan dewan dan ditindak lanjuti pemeberitahuan surat tersebut kepihak partai Golkar.
“Semetara apakah sampai sekarang Pimpinan dewan sudah memproses pengajuan kebupati dan gubernur, dan apakah sudah menolak pengajuan berdasarkan peraturan perundang-undangan atau tidak”, imbuhnya dengan nada pertanyaan.

Pada prisipnya, lanjut dia, proses PAW akan menggugat itu ada peluang. Namun peluangnya akan lebih besar lagi di gugat ketika Pimpinan DPR tidak memprosesnya. Apalagi pertanggal 1 Maret 2015 lalu, Mahkamah Agung telah memenangkan Kubu Abur Rizal Bakri (ARB) hasilmunas Bali.

“Sehingga segala jenis produk yang dibuat oleh Kubu Aburizal Bakr iitu itu sah dan bisa berlaku surut”, tandasnya.
Sementara Sekretaris DPD I Golkar, Gesang Budiarso saat di konfirmasi mengatakan, AF Hari Ponto bukan lagi sebagai kader Partai Golkar.

“(Keputusan) itu sudah bersifat final dan tidak bisa dianulir, karena pemecatan AF Hari Ponto karena tindakan kriminal murniya itu di duga melakukan pemukulan terhadap ketua DPD II Golkar Sumenep (IwanBudiharto,Red) sebagai simbol Partai”, terangnya kepada Madura Expose.com biro Surabaya.

Meski terjadinya tindakan pemukulan di Kantor DewanPerwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Sumenep, namunter kesan tidak mendapat perhatian dari BKD (Badan Kehormatan Dewan)

“Terbukti sampai detik ini pihak BK DPRD Sumenep belum melakukan pemanggilan kepada AF Hari Ponto dan ini berbeda jsuh dengan MKD DPRI yang begitu respon dalam menyikapi kasus terbaru yang mernyeret Ivan Haz DPR RI Dapil XI Madura, Jawa Timur”, pungkasnya.

[hiz/fer]