Maduraexpose.com–memperingati Hari Juang Kartika 2017, Kodim IM Kodim IM menyelenggarakan kegiatan Bakti Sosial di Rumah Sakit TK. II Kodam Iskandar Pemuda Kesehatan (Kesdam IM) Kuta Alam, Banda Aceh, Rabu (13/12/17).

Layanan sosial yang dimiliki oleh Kodam IM meliputi, donor darah, operasi bibir sumbing, katarak, operasi Hernia dan khitanan massal dan pengobatan massal.

Tidak hanya di jalur Kodam IM, kegiatan sosial dalam rangka HJK 2017 yang jatuh pada 15 Desember 2017, juga sekaligus dilaksanakan di seluruh Kodam di wilayah Indonesia.

Sementara itu, donor darah diikuti oleh Panglima TNI Iskandar Muda Mayjen Moch. Fachrudin S.Sos, Brigadir TNI Urib Soekoco, Kasdam Asisten IM, Kabalak dan diikuti ratusan tentara dan puluhan segit segenargizun Banda Aceh.

Komandan mengatakan bahwa momentum kegiatan mempromosikan kesehatan sosial diprioritaskan pada kegiatan donor darah, khitanan massal, operasi katarak, operasi bibir sumbing dan pengobatan massal.

Komandan juga mengatakan bahwa kegiatan kesehatan sosial ini merupakan wujud keprihatinan dan kepedulian terhadap Kodam IM atas berbagai kesulitan yang dialami masyarakat.

Menurutnya, kesehatan sosial merupakan langkah tepat untuk membantu meringankan beban masyarakat dalam meningkatkan status kesehatannya.

“Dengan kontribusi sosial ini diharapkan bisa semakin memperkuat kesatuan TNI dengan Rakyat yang sudah mapan,” kata Pangdam.

Sedangkan Kakesdam IM, Kolonel Ckm dr. Tjatur Winarsanto, Sp.PD menjelaskan, untuk operasi bibir sumbing, katarak, khitanan massal dan operasi Hernia serta perawatan massal diikuti ratusan orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

“Mereka semua berasal dari masyarakat Banda Aceh dan Aceh Besar,” kata Kakesdam IM.

Acara kesalehan sosial diadakan di Rumkit TK.II IM Kesdam juga dihadiri oleh Kepala Cabang Syariah Mandiri Kota Banda Aceh, Kepala PMI Banda Aceh.

(pnc/usm/***)