Scroll untuk baca artikel
Catatan RedaksiHeadline News

Klaim PKB Tak Pungut Mahar Politik Pilkada, Peluang Kiai Unais Masih Ada?

Avatar photo
451
×

Klaim PKB Tak Pungut Mahar Politik Pilkada, Peluang Kiai Unais Masih Ada?

Sebarkan artikel ini

Oleh: Ferry Arbania

Ilustrasi: KH Unais Ali Hisyam Ambil Formulir Bacabup di PKB Sumenep pada Pilkada Sumenep 2019. [Istimewa.]

Muhaimin Iskandar atau lebih populer dipanggil Cak Imin mengungkap syarat mejadi calon kepala daerah yang diusung PKB wajib menerapkan visi misi perubahan, bukan lagi sekadar jargon saat Pilpres tetapi perlu diterapkan oleh seluruh pemerintah mendatang.

“Perubahan ini kan bukan soal kepemimpinan atau keberlanjutan kepemimpinan, bukan! Ini sudah selesai Pilpres,” kata Cak Imin di kutip dari Trito yang terbit Rabu (1/5/2024).

Mantan Cawapres Anies Baswedan ini menjelaskan, proses seleksi kandidat calon kepala daerah saat ini, pihaknya tak membebankan biaya mahar atau politik uang dalam proses seleksi. Namun untuk logistik Pilkada ditanggung kontestan tanpa ada campur tangan parpol.

“Tidak ada, jadi partai memfasilitasi tapi soal pendanaan kita tidak bisa membantu. Enggak ada mahar-maharan, dari dulu enggak ada,” imbuhnya.

Melihat pernyataan tegas dari Ketum PKB Cak Imin ini, sejumlah elit PKB di Sumenep memiliki banyak harapan agar parpol tersebut bisa memberikan rekom kepada kader sendiri yang hendak maju dalam Pilkada Sumenep 2024.

Salah satu kader PKB yang dianggap paling layak mendapat rekom DPP PKB dalam kontestasi politik Pilkada tahun ini, salah satunya mantan Anggot DPR RI KH Unais Ali Hisyam.

Beberapa tokoh PKB Sumenep yang dikonfirmasi media ini, sejak beberapa bulan terakhir sangat berharap agar PKB mencalonkan kadernya sendiri sebagai Calon kepala daerah melawan petahana. Sosok Kiai Unais Ali Hisyam paling banyak diperbincangkan.
Kendati demikian, hingga artikel ini ditulis belum ada tanda-tanda yang meyakinkan pilihan rekom PKB akan jatuh pada sosok kiai yang merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Aswaj Ambunten tersebut.

------------------------