Zainal Abidin ‘Nyalon’ Bupati, Pakde Karwo: Ya Bagus!

0
595
Cawabup Sumenep, Zainal Abidin (saat menjabat Kepala Bappeda Jatim) memberikan kesaksian untuk Pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa) dalam sidang ketiga Gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilgub Jatim 2013 silam di Mahkamah Konstitusi Jakarta (Istimewa)

Maduraexpose.com- Jauh hari sebelumnya,  Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Soekarwo mengaku bangga dengan banyaknya kader Partai Demokrat yang hendak maju dalam bursa pemilihan kepala daerah (Pemilukada) serentak yang dijadwalkan pada Desember 2015.

Disinggung beberapa kader Pakde Karwo (panggilan akrab Gubernur Soekarwo) seperti Zainal Abidin, yang saat itu menjabat sebagai Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur, yang hendak mencalonkan diri sebagai Bupati Sumenep 2015-2020, pihaknya mengaku sangat apresiatif.

“Jika ada pejabat yang sudah pensiun dan mau nyalon di daeah ya bagus aja,” ujar Gubernur Jatim Soekarwo di kantornya Jl. Pahlawan Surabaya, beberapa waktu lalu seperti dilansir Surabayapagi.com.

Berkaca pada pengalaman sebelumnya, lanjut mantan Sekdaprov ini, persetujuan itu sangat beralasan, karena berkaca pada tahun sebelumnya, mantan pejabat Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang maju sebagai Kepala Daerah (Bupati) juga ada.

Tokoh yang sudah berpengalaman didunia birokrasi seperti pensiunan PNS, imbuh Karwo, jika berkeinginan maju dalam pemilihan kepala daerah, menurutnya, yang bersangkutan memiliki kepercayaan diri tinggi untuk memimpin.

“Karena mereka memiliki pengalaman birokrasi yang cukup banyak, karena sudah lama memimpin di dinas maupun biro”, ringkasnya.

Namun demikian, Soekarwo mengaku tidak bisa lagi monopoli, mengingat ranah politik dan ranah birokrasi memiliki batasan sendiri, dirinya mengaku tidak bisa melakukan dukungan khsusus bagi pejabat Pemprov yang hendak maju dalam Pilkada.

(sbp/fer)