Wabup Achmad Fauzi: Insan pers adalah mitra penting pemerintah

0
4004
Wabup Sumenep Achmad Fauzi bersama KJS

MADURAEXPOSE.COM, SUMENEP–Pemerintah Kabupaten Sumenep mengajak para jurnalis untuk melawan konten hoax yang mengarah pada ujaran kebencian, menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati 2020.

Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si mengatakan, jurnalis dari berbagai media yang bertugas di Sumenep hendaknya berperan aktif menciptakan Pilkada damai, dengan menyajikan informasi atau berita benar-benar akurat, untuk menangkal konten hoax, karena ujaran kebencian melalui hoax cenderung dimanfaatkan dalam kampanye hitam untuk menyerang lawan politik.

Bupati Sumenep KH.Busyro Karim

“Media sosial rentan terhadap hoax dan ujaran kebencian akibat para oknum tidak bertanggung jawab memanfaatkannya untuk memecah perdamaian di daerah, sehingga kalau dibiarkan bisa menimbulkan perpecahan di masyarakat,” jelas Bupati pada Pengukuhan Pengurus Komunitas Jurnalis Sumenep (KJS) dan diskusi dengan tema Kerja Sama Kamtibmas Menuju Pilkada Berhasil di Gedung Ki Hajar Dewantoro, Jumat (07/08/2020).

Untuk itulah, puluhan jurnalis dari berbagai media di Sumenep tetap menjaga netralitas dan profesionalitas dalam menyajikan berita, supaya Kabupaten Sumenep situasinya tetap kondusif baik itu mulai tahapan awal sampai akhir pemilihan.

“Jurnalis adalah salah satu pilar menyukseskan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Sumenep 2020, khususnya melawan konten hoax atau ujar kebencian, agar masyarakat bisa menyaring sekaligus menepis informasi yang berbau fitnah maupun hasutan kebencian,” tandas Bupati dua periode ini.

Bupati mengungkapkan, seluruh masyarakat lebih cerdas dan tidak menelan mentah-mentah informasi tanpa melakukan penelusuran tentang kebenarannya demi menjaga keamanan dan ketertiban.

“Seluruh elemen masyarakat jangan mudah terprovokasi dengan berita atau konten hoax (bohong) termasuk tidak melakukan perbuatan melanggar hukum melalui konten hoax dan ujaran kebencian, guna terciptanya situasi yang damai, aman dan kondusif,” jelasnya.

Hadir pula di Pengukuhan Pengurus KJS dan diskusi itu yakni Wakil Bupati Achmad Fauzi, SH, MH, Ketua KPU Sumenep A. Warits, anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sumenep serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sementara Wakil Bupati Achmad Fauzi menambahkan, jalinan kemitraan antara media yang tergabung dengan KJS dan Pemerintah Daerah semakin baik di masa mendatang, karena bagaimanapun insan pers adalah mitra penting pemerintah.

“Yang jelas, media merupakan mitra pemerintah dalam mewujudkan program pembangunan, yang berfungsi menyampaikan informasi kepada masyarakat seperti kebijakan atau program maupun keberhasilan pembangunan di daerah,” pungkasnya. (*)