Tokoh NU Asal Jatim Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional

0
1500

MADURAEXPOSE.COM–Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada tokoh NU, Alm. KH As’ad Syamsul Arifin.

Proses penobatan dan penyerahan gelar pahlawan itu sedianya akan berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (9/11/2016) siang. Penetapan gelar pahlawan ini berdasarkan Keppres Nomor 90/TK/Tahun 2016 tertanggal 3 November 2016.

KH As’ad Syamsul Arifin merupakan tokoh asal Jawa Timur yang lahir pada tahun 1897 di kota Makkah. Putra dari Raden Ibrahim dan Siti Maimunah ini wafat pada tanggal 4 Agustus 1990 di Situbondo, Jawa Timur.

KH As’ad tercatat sebagai pengasuh dari Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah yang terletak di Desa Sukorejo, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo.

Berdasarka Keppres, dianugerahkannya KH As’ad sebagai Pahlawan Nasional karena semasa hidupnya berjasa dalam memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata atau perjuangan politik atau perjuangan dalam bidang lain untuk merebut, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

RANAH PESANTREN NEWS

[inilah.com/beritajatim.com]