Ir. H. Tjutjuk Sunario, MM. Wakil Ketua DPRD Jatim

Surabaya, MaduraExpose-Penduduk Jatim sekitar 39, 29 juta jiwa (BPS, 2017) ini akan merekah senyumnya ketika sosok Ir. H. Tjutjuk Sunario, MM. Wakil Ketua DPRD Jatim berencana kawal pemberiannya berupa “oleh-oleh” buat Rakyat Jatim, sepulang studi banding ke Makasar dan kawasan Sulawesi Selatan selama 2-3 hari.

“Oleh-oleh” apakah bentuknya?

Tentu tak gampang selaku Wakil Rakyat yang dari fraksi Gerindra itu, harus melakukan studi banding ke Makasar Sulawesi Selatan ini agar bisa membuat Wong Cilik Jatim pun ikut tersenyum merekah.

” Ya, kami bersama Komisi B bidang Perekonomian ini sedang merancang isi Raperda Perindustrian Jatim 2018. Untuk itu kami pun melakukan kajian referensi, ilmu perindustrian juga sekaligus studi banding di beberapa provinsi di luar Jawa Timur, ” tandas via telepon yang esok paginya, sepulang dari Makasar langsung diuraikan lebih gamblang oleh Tjutjuk Sunario yang masuk DCT Pileg 2019 di Dapil Kediri Raya ( Kabupaten dan Kota) nomor urut 1 unsur Partai Gerindra.

Dan, Perda (Peraturan Daerah) tentang Rencana Pembangunan Industri Provinsi Jawa Timur 2018-2038 ini akan disahkan dalam Rapat Peripurna DPRD Jatim pada Senin Malam Selasa Pon (24/9) yang termasuk Karya Agung dari 100 anggota Dewan periode 2014 – 2019.

Menurut Tjutjuk Sunario bahwa Perda Rencana Pembangunan Industri Jatim ini bersifat umum yang akan menunjang SIER dan PIER misalnya, karena Industri bahan dasar dari hasil pertanian, perkebunan dan kehutanan akan didesain dan dimanajemeni lebih sistematik sehingga Rakyat Jatim di daerahnya masing-masing itu akan lebih sejahtera dengan pola hidup berkarya secara perindustrian pula, yang sesuai hasil agro industri maupun hasil bumi lainnya ( tambang) di daerahnya masing-masing ini lebih hidup dan bergairah menuju gemaripah lohjinawi toto tentrem kartaraharja”, pungkas Tjutjuk dalam akhiri prospek “oleh-olehnya” bersama Komisi B itu. (Em/Sda)