Tiga Lokasi di Sumenep Rawan Banjir

0
526

MaduraExpose.com- Kepala Badan Penggulangan Bencana Daerah BPBD Kabupaten Sumenep Koesman Hadie ,melalui Kapala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan (Syaiful Arifin , mengatakan pihaknya sudah melakukan langkah antisipasi untuk menangani bencana banjir dan tanah longsor di kab, sumenep.

Langkah-langkah yang sudah dilakukan adalah pengawasan pada titik longsor dan rawan banjir melalui tim reaksi cepat, tagana dan relawan ditingkat kecamatan dan desa, Menurut syaiful, sebanyak tiga lokasi yang tersebar di tiga kecamatan masuk kab. Sumenep terindikasi rawan banjir saat musim penghujan, kata dia, tiga lokasi itu berada di Kecamatan Saronggi, Guluk Guluk, dan Kangayan. Dua lokasi, yakni Saronggi dan Kangayan, berada di kawasan aliran sungai, dan di Guluk Guluk berada di bawah tebing bukit,” .Tegasnya

Sementara hujan intensitas tinggi di kawasan Guluk Guluk berpotensi membuat tebing bukit longsor dan juga menggenangi kawasan pemukiman penduduk di Desa Payudang Dundang. Kata dia, “Pada tahun ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kab. Sumenep telah mengalokasikan kegiatan atau program guna mencegah terjadinya banjir di tiga lokasi tersebut,

” Disamping itu tegas Syaiful juga diwilalyah kepuluan juga rawan banjir dan berlumpur serta longsor didesa kayuaro kepulauan kangean. paparnya.

Pemerintah kab sumenep melalui BPBD akan menyiapkan dana tidak terduga sebesar 5 Miliar dari APBD Kab. Sumenep. Dana tersebut masih terbilang sedikit dibandingkan dengan kebutuhan yang harus dikeluarkan oleh korban bencana. Dan ia tidak bisa memberikan bantuan lebih dari alokasi dana yang telah dianggarkan. (fay)