Sumenep(MaduraExpose.com) – Teknik penyemain padi merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh petani dengan menyebar benih padi pada luasan tertentu sebelum dilakukan penanaman padi pada suatu lahan sebenarnya,Senin, (27/11/2017).

Upaya yang dilakukan Babinsa Serda Mofiq Babinsa Koramil 16/Gapura, Kodim 0827/Sumenep ini membantu salah satu petani dalam penyemaian bibit padi dengan tujuan memberikan semangat petan, disamping itu untuk meningkatkan program pemerintah, serta mensejahterakan petani agar terwujud tetang ketahanan pangan nasional.

“Teknik penyemain padi yang benar akan menunjang pertumbuhan tanaman padi, apabila teknik penyemain padi tidak dilakukan dengan sesuai prosedur penyemain maka pertumbuhan padi menjadi tidak baik”, Jelas Serda Mofiq.

Bapak Fauzi warga binaan Serda Mofiq, di Desa Gapura Barat, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep, Madura-Jawa Timur, sangat senang dengan keberadaan Pak Babinsa yang mana beliau ini sela ada bersama petani. Pak Mofiq Babinsa Koramil Gapura ini selalu memotivasi para petani terutama di Desa Gapura Barat Kecamatan Gapura, “Kata Fauzi”.

Danramil 0827/16 Gapura Kapten Inf Prajoko
menjelaskan, bahwa “Benih padi yang ditebar/disemai harus selalu dikuti perkembangannya, tentunya benih padi yang sudah disiapkan adalah benih padi yang kualitas/varietas unggul yang berlebel pertanian”.

Teknik penyemaian padi baik tertutup maupun terbuka pada dasarnya sama. Namun, penyemain tertutup memberikan keuntungan bagi tanaman padi itu sendiri karena hasil dari penyemain padi yang menggunakan sistem tertutup akan tumbuh dengan seragam,”pungkas Danramil”.

(sur/fer)

HotNews:  Grebek Mesum Kasi Dinas Pariwisata Sumenep, Celana Dalam Bidan Diamankan Polisi