Scroll untuk baca artikel
POLICELINE.ID

Satelit Merah Putih Dua Telkomsat segera Diluncurkan di Florida

Avatar photo
92
×

Satelit Merah Putih Dua Telkomsat segera Diluncurkan di Florida

Sebarkan artikel ini

Maduraexpose.com– Satelit yang dinamakan Merah Putih Dua milik PT Telkomsat, anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom, akan diluncurkan pada 20 Februari 2024 di Florida, Amerika Serikat atau 21 Februari 2024 waktu Indonesia.

“Satelit dengan nama Merah Putih 2 itu akan diluncurkan langsung dari Cape Canaveral, Florida dengan menggunakan roket Falcon 9. Saat ini Satelit Merah Putih 2 sudah berada di Cape Canaveral dan siap untuk diluncurkan dalam waktu dekat,” ujar Direktur Utama (Dirut) Telkom, Ririek Adriansyah, dalam keterangannya di Jakarta pada Kamis (15/2/2024).

Dirut Ririek mengatakan, peluncuran satelit dengan teknologi High Throughput Satellite (HTS) itu sejalan dengan komitmen perusahaan untuk menghadirkan pemerataan akses informasi yang merata melalui infrastruktur dan layanan telekomunikasi digital yang andal.

Satelit Merah Putih Dua akan menjadi satelit ke-11 milik Telkom itu nantinya akan menempati slot orbit 113 derajat Bujur Timur (113 BT).

“Dengan kapasitas hingga 32 Gbps (gigabyte per second), Satelit Merah Putih Dua membawa transponder aktif yang terdiri dari frekuensi C-band dan Ku-band, yang akan menjangkau seluruh area Indonesia,” ungkapnya.

Menurut Ririek Adriansyah, sebelumnya Telkom telah meluncurkan Satelit Merah Putih pada 2018 dengan penempatan pada slot orbit 108 BT.

Peluncuran satelit Merah Putih Dua, lanjutnya, menjadi harapan sekaligus wujud komitmen Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu untuk mendukung pemerataan konektivitas di seluruh Indonesia, serta melengkapi infrastruktur darat dan laut yang dimilikinya.

------------------------