Maduraexpose.com–Nama Ustaz Abdul Somad atau UAS kembali ramai dibicarakan, karena awalnya beredar dari video ceramah UAS yang diunggah lewat akun Twitter @P3nj3l4j4h.

Dalam ceramah yang tidak diketahui lokasinya itu, Ustaz Abdul Somad mengungkit soal hukum melihat salib, setelah mendapat pertanyaan dari catatan di selembar kertas.

Salib merupakan simbol kerohanian umat Kristiani, yang bisa diartikan sebagai iman, doa, pengharapan, dan berkat.

Meski begitu, mengutip situs Britannica, Senin, 19 Agustus 2019, Salib memiliki beberapa jenis yang masing-masing memiliki sejarah dan makna.

Setidaknya ada empat jenis salib berdasarkan ikonografi, atau ilmu yang mempelajari tentang seni, baik dengan melakukan identifikasi deskripsi maupun interpretasi isi gambar.

Pertama, Crux Quadrata atau Salib Yunani (Greek Cross). Pada awalnya salib ini digunakan untuk menyamarkan identitas para pengikut Yesus Kristus yang dianiaya pada masa Gereja Perdana.

Kedua, Crux Immissa atau Salib Latin (Latin Cross), adalah bentuk Salib Kristus yang digunakan di Gereja Katolik Roma.

Salib ini menyertakan juga Tubuh Kristus sebagai pengingat akan penyelamatan-Nya di kayu salib.

Ketiga, Crux Commissa atau Salib Tau, adalah salib berbentuk T. Dalam Kitab Injil Perjanjian Lama sudah diberitakan oleh Nabi Yehezkiel. Hingga kini Salib tersebut menjadi ciri khas Ordo Fransiskan.


Keempat, Crux Decussata atau Salib Santo Andreas. Salib ini menggambarkan Santo Andreas, saudara Santo Petrus, yang disalibkan dengan Salib berbentuk X, karena banyak yang meyakini kalau Santo Andreas disalibkan dengan posisi seperti itu.

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM

Salib tersebut juga ditampilkan di sejumlah bendera negara, seperti Skotlandia dan Jamaika. [vv]