MADURAEXPOSE.COM– Naiknya debit Sungai Candi membuat lahan pertanian di kawasan Lenteng Timur, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Madura, sebagian besar ditenggelamkan air keruh yang mencapai lebih satu meter.

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM

Bahkan informasi dari warga setempat, banjir yang disebabkan dar luapan sungai itu terjadi sejak puluk 10.oo WIB dan hingga detik ini masih terlihat menghkhawatirkan. Tak hanya lahan persawahan, sejumlah rumah milik warga di Desa Lenteng Timur juga terendam banjir.

“Ya mas ini banjir mulai tadi pagi sekitar pukul sepuluh. Ini luapan sungai dari kawasan utara,” terang Bastian, salah satu warga Lenteng Timur kepada Maduraexpose.com, Senin (13/02/2017).

Sementara Ahmad Yani, yang juga warga Lenteng Timur, mengatakan banjir besar yang terjadi hari ini sebenarnya sudah terjadi sebanyak tiga kali sejak tahun 2016 lalu. Namun hingga saat ini belum ada upaya dari pihak terkait agar debit air yang tiba-tiba meninggi bisa disiasati dengan sistem pengairan yang memadai.

“Kami berharap ada langkah-langkah dari pihak dinas terkait, supaya masalah banjir ini tidak menjadi momok bagi sebagian masyarakat Lenteng Timur. Setidaknya ada upaya irigasi yang memadai, agar debit air yang meninggi tidak nyasar kerumah warga dan lahan pertanian,” ungkapanya prihatin. [Kam/Fer]