Pembuatan KK dan KTP Lamban, Warga Kepulauan Datangi Disdukcapil Sumenep

0
95
Ilustrasi mahasiswa kepulauan menggelar aksi dimonstrasi di depan Kantor Disdukcapik sumenep menuntut agar dinas terkait memperhatikan persoalan layanan kependudukan di wilayah Kepulauan

MADURAEXPOSE.COM, SUMENEP–Mengaku kecewa dengan lambannya pelayanan pembuatan KK, KTP dan Akta membuat Forum Pemuda Raas menemui pejabat terkait dengan melakukan audiensi ke Kantor Disdukcapil Sumenep sebagai pihak yang dinilai paling bertanggung jawab.

Sulitnya pencetakan KK, KTP, dan Akta di kepulauan Raas,Sumenep selain karena masuk wilayah 3 dan hanya bisa mencetak di kecamatan gayam. FPR menilai persoalan tentang pelayanan Disdukcapil makin ruwet karena banyak berkas yang tidak selesai.

“Jadi sistem wilayah ini bukan solusi, mungkin bagi warga sepudi ya tapi untuk warga raas tidak. Justru malah jadi problem baru,” demikian Akhmad Syafi, Ketua FPR Sumenep kepada awak media.

Pihaknya meminta Disdukcapil mencarikan solusi bagi warga pulau Raas.
“Harusnya di Raas ini diberi alatnya. Kondisi kepulauan tidak sama dengan daratan. Atau bisa juga dengan cara menyediakan perwakilan melaui surat kuasa juga diperbolehkan” imbuh Syafii.

Menyikapi keluhan FPR, Kepala Dinas Kependudukan dan Capil Sumenep mengaku sudah berkomitmen dalam memberikan pelayanan dengan mempertimbangkan usulan dari para pemuda FPR Sumenep. [kar/ibn]