Sahat T. Simanjuntak, SH., MH Seusai berdoa di makam Bapak Pembangunan Jendral Besar TNI HM. Soeharto.

Karang Anyar (MaduraExpose.com)– Untuk menandai bagian dari peringatan HUT Partai Golkar, Keluarga Besar Golkar Jatim ziarah ke makam Bapak Pembangunan Jenderal Besar TNI HM. Soeharto yang disemayamkan di tengah pesarean (kuburan) keluarga di Astana Giri Bangun, Karang Anyar, Jateng.

Suasana syahdu dan terdengar suara yang memunajatkan doa diiringi bacaan surat Yasin bersama semilir angin Bukit Astana Giri Bangun itu di luar ruang utama, Ketua Rombongan Sahat T. Simanjuntak, SH mengawali perkenalan dan niatnya untuk mengenang, menghargai dan meneladani kepemimpinan almarhum HM. Soeharto yang pernah sangat berjasa kepada NKRI dan khususnya buat Partai Golkar.

“Beliau sangat besar jasanya, dan terakhir sebagai Pembina Golkar yang berjaya selama 32 tahun di masanya,” tutur Sekretaris PG Jatim, Sahat T. Simanjuntak, seusai sambutan dan sekapur sirih dari Pengelola Makam Keluarga HM. Soeharto ini, Soekirno yang sudah setia mengabdi 40 tahun lebih.

Sahat bersama sekitar 70 pengurus PG Jatim dan jajaran Fraksi PG dari DPRD Jatim itu kemudian bermunajat doa bersama dibimbing Ustd. Haji Siswoto yang makhbul dan khidmat betul pada saat berdoa, “semoga para almarhum di makam Asta Giri Bangun ini diampuni dosanya juga husnul khotimah, sedang yang mendoakan selamat dunia akhirat,” pungkas Siswoto dalam doa makhbulnya.

Usai berdoa dan munajat sembari berapreasiasi atas lahan makam sekitar 20 Ha itu, dipersemayamkan pula almarhumah Ibu Hajjah Tien Soeharto dan orang tuanya. Di lingkungan yang tertata rapi ini ada Masjid Muslim Pancasila di sebelah timur makam (pesarean) HM. Soeharto, bisa menampung sekitar 500 orang.

Keluarga Besar Partai Golkar Jawa Timur
foto bersama, sebelum masuk ke kawasan
Asta Giribangun, tempat pesarean keluarga
HM. Soeharto.

Sebelum rombongan PG Jatim meninggalkan kawasan Astana Giri Bangun, diberi kesempatan foto bersama di sekitar Pesarean HM. Soeharto dan Ibu Hajjah Tien Soeharto tapi dalam posisi tidak berdiri.

Tidak ketinggalan Ketua Rombongan Sahat Tua Simanjuntak yang juga Ketua Fraksi PG DPRD Jatim ini diajak foto bersama oleh Sang Juru Kunci, Soekirno, sebagai kenangan sekaligus laporan khusus kepada Keluarga Besar Cendana di Jakarta yang dalam marwahnya Mbak Tutut Soeharto.(MA)