Launching Buku Peace Kampus, Stidar Sumenep Menggelar Studium General Dengan Tema : Ruang Geografis Dakwah Progresif

0
168

Sumenep (Maduraexpose.com) – Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Raudlatul Iman (STIDAR) Gadu Barat Ganding Sumenep hari ini 09/01/2021 melaksanakan Studium General (kuliah umum) yang dihadiri pimpinan, dosen, pengelola dan seluruh mahasiswa dari dua program studi.

Sekolah tinggi yang menegaskan diri sebagai kampus peradaban itu dengan jargonnya “The Great Campus of Civilization Restoration” terus melakukan inovasi dan kreasi sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Suasana acara kuliah umum kali ini berbeda dari sebelumnya, sebab Ketua Yayasan K. Sahli Hamid, M.Pd.I bertindak sebagai pembicara sekaligus meluncurkan bukunya “PEACE CAMPUS : Sebuah Gerakan Dakwah Progresif.” Sesuai tema yang diusung “Ruang Geografis Dakwah Progresif” beliau mengajak untuk melakukan dakwah yang menghargai dimensi kemanusiaan yang paling substansial. “Proses interaksi manusia di zaman teknologi saat ini semakin jauh dari penghargaan kemanusiaan akibat kapitalisme global yang semakin tak terkendali” tukasnya menjelaskan.

Menurut beliau perlu kesediaan diri untuk merubah pola komunikasi yang selalu mementingkan orang lain, bukan mempertahankan ego yang semakin memisahkan manusia dari kebabahagian sebagai fitrah paling mendasar.

“Sudah saatnya kita mengembalikan kemesraan sosial yang dimulai dari warga kampus Stidar dengan menjunjung kehangatan dan kedamaian dalam proses akademik. Selain itu transformasi dakwah hari ini dapat menyentuh ruang-ruang yang lebih menggairahkan seperti media sosial, kepedulian lingkungan, enterpreneur” tambahnya.

Pada sesi berikutnya, dilakukan koordinasi yang dipimpin Bapak Khamsil Laili, M.Pd. Ketua LPM menyampaikan tentang penjaminan mutu internal, Ketua LP3M K. Ainul Yaqin, M.Si mengupas seputar penelitian dan karya ilmiah sebagai persyaratan akademik, Bapak Lailul Ilham, MA menyinggung masalah ke-prodi-an, koordinasi penjaringan mahasiswa baru (Jamaru) oleh Bapak Muzanni, sekitar admistrasi keuangan oleh BAU Bapak Abd Rahem dan pengenalan Media Center Raudlatul Iman oleh Direktur Utama Bapak Nawal, M.Psi.

Pada bagian terakhir diadakan Refleksi Peradaban yang diisi pembacaan puisi dan lagu oleh dosen dan mahasiswa serta yel-yel peace campus yang menambah khidmat dan semarak acara (R. Mas Kanjeng)