Scroll untuk baca artikel
POLICELINE.ID

KY Gelar Bimtek Pemantauan Persidangan Perkara Pemiluuntuk Mahasiswa dan Pemuda

Avatar photo
88
×

KY Gelar Bimtek Pemantauan Persidangan Perkara Pemiluuntuk Mahasiswa dan Pemuda

Sebarkan artikel ini

Maduraexpose.com- Sebagai tindak lanjut dari Deklarasi Pengawasan Persidangan Pemilu dan Pilkada untuk Peradilan yang Jujur dan Adil, Komisi Yudisial (KY) menggelar bimbingan teknis (bimtek) Pemantauan Persidangan Perkara Pemilu untuk mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan Organisasi Kepemudaan Kemenpora di Auditorium KY, Jakarta.

“Beberapa perkara pemilu sudah masuk ke persidangan, seperti di Malang dan Jakarta. Sebelumnya, KY telah melaksanakan bimtek serupa dengan Bawaslu. Acara sekarang ini melibatkan teman-teman mahasiswa dan pemuda untuk tahu bagaimana cara melakukan pemantauan,” jelas Kepala Biro Pengawasan Perilaku Hakim, Mulyadi, dalam keterangan tertulis yang diterima InfoPublik, Senin (19/2/2024).

Materi bimtek berfokus pada pemaparan mekanisme kerja pemantauan dan mengenai tata cara pemantauan persidangan perkara pemilu. Selain itu juga dijelaskan mengenai layanan Virtual Asisten Pemantauan (VAP) dan tata cara penginputan pelaporan dan tindak lanjutnya melalui Aplikasi Sistem Informasi Pemantauan Peradilan (SIPP).

Menurut Mulyadi, pelibatan mahasiswa dan pemuda di organisasi kepemudaan Kemenpora pada dasarnya merupakan upaya KY memaksimalkan pemantauan persidangan di tengah keterbatasan personil pemantau yang ada di KY dan Penghubung KY di daerah. Oleh sebab itu, bimbingan teknis ini diharapkan dapat memberikan muatan materi bagi jejaring untuk membantu tugas KY dalam melakukan pemantauan persidangan perkara pemilu.

Asisten Deputi Wawasan Pemuda Kemenpora Edi Nurinda Susila memaknai keterlibatan pemuda dalam tugas KY ini sebagai apresiasi bagi Kemenpora.

------------------------