Scroll untuk baca artikel
Surabaya Expose

Hindari Kejahatan Perbankan, Berikut Saran Sekdaprov Jatim

Avatar photo
103
×

Hindari Kejahatan Perbankan, Berikut Saran Sekdaprov Jatim

Sebarkan artikel ini

MADURAEXPOSE.COM–Sekda Prov H Akhmad Sukardi menyaksikan Dirjen Dukcapil Zudan Arif F menandatangani Perjanjian Kerjasama Akses Data Kependudukan antara BPR-BPRS Anggota DPD Perbarindo Jatim dengan Ditjen Dukcapil di  Ballroom Shangrilla Hotel

 

            Dalam rangka menghindari terjadinya kejahatan perbankan seperti pembobolan, pencucian uang dan pendanaan terorisme, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) harus memanfaatkan data kependudukan milik Direktorat Jendral Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri. 

            Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Dr. H. Akhmad Sukardi MM saat membuka Seminar Outlook Ekonomi-Politik Indonesia Tahun 2018 dan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Akses Data Kependudukan antara BPR-BPRS anggota DPD Perbarindo Jatim dengan Ditjen Dukcapil di Shangrilla Hotel, Senin (8/1) pagi.

            Dengan adanya akses penggunaan database kependudukan dari Dukcapil, maka BPR akan dapat mengakses informasi calon nasabah dengan lebih cepat. Tak hanya itu, indikasi pemalsuan data akan segera diketahui dan proses layanan keuangan yang akan diterima nasabah juga akan menjadi lebih cepat. 

            “Akses data ini memudahkan untuk bertransaksi dan mengetahui riwayat calon debitur atau peminjam. Cukup melihat di KTP semua data akan terbuka,” jelasnya. 

           Data kependudukan, sebut Sekdaprov Akhmad Sukardi, dipandang perlu bagi BPR untuk bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Dukcapil. Harapanya agar seluruh BPR di Indonesia dapat memanfaatkan data kependudukan yang terekam pada Direktorat Jenderal Dukcapil.

------------------------