Scroll untuk baca artikel
JATIM EXPOSE

Harga Beras di Lumajang Relatif Terkendali

Avatar photo
181
×

Harga Beras di Lumajang Relatif Terkendali

Sebarkan artikel ini

Maduraexpose.com– Menjelang bulan Ramadan, masyarakat Kabupaten Lumajang dapat bernapas lega dengan relatif terkendalinya harga beras.

Meskipun sempat mencuat sebagai salah satu yang tertinggi pada awal Februari 2024 ini, harga beras kini menunjukkan tren penurunan yang signifikan.

Menurut data terbaru dari Sistem Informasi Sistem Kesejahteraan Rakyat Jawa Timur, pada 20 Februari 2024, harga beras medium mencapai Rp13.666/kg, sementara harga beras premium mencapai Rp16.166/kg. Namun, pada 22 Februari 2024, harga tersebut mengalami penurunan menjadi Rp11.966/kg untuk beras medium dan Rp15.666/kg untuk beras premium.

Saat dimintai keterangan di sela kesibukkannya, Jumat (23/2/2024), Kepala Bidang Perdagangan Diskoperindag Kabupaten Lumajang, Dadang Arifin menyatakan bahwa dalam tiga hari terakhir, harga beras terus menurun di sejumlah pasar di wilayah tersebut. Bahkan, Kabupaten Lumajang tidak lagi masuk dalam tiga besar daerah dengan harga beras tertinggi.

“Dari laporan yang kami terima, harga beras memang sedang menurun dibandingkan dengan minggu lalu, ini sudah lebih terjangkau bagi masyarakat,” ujarnya.

Lanjut dia, pemerintah daerah telah melakukan berbagai upaya untuk menstabilkan harga beras, termasuk mengadakan pasar murah dan operasi pasar.

Dadang juga telah berkoordinasi dengan pihak Badan Urusan Logistik (Bulog) terkait stok beras untuk menjaga ketersediaannya hingga hari Raya Idulfitri mendatang.

“Insya Allah stok beras aman, kami telah berkoordinasi dengan Bulog. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kami juga akan menyelenggarakan pasar murah dan bazar selama bulan Ramadan, dengan harapan dapat memenuhi kebutuhan sembako masyarakat dengan harga yang terjangkau,” katanya.

------------------------