Etoser Dompet Dhuafa Berkesempatan Instership di Okinawa Jepang

0
114

Maduraexpose.com–Pendidikan memiliki peran sangat penting dalam membentuk keterampilan dan kecakapan seseorang untuk memasuki dunia kerja. Namun sayangnya, hal tersebut tak terjadi pada pendidikan yang diberikan di perguruan tinggi negeri ini. Mahasiswa kita masih sebatas mendapatkan teori dan praktik dalam skala kecil saja, padahal yang mereka butuhkan lebih dari itu.

Untuk dapat memahami dan memecahkan setiap permasalahan yang muncul di dunia kerja maka mahasiswa perlu melakukan kegiatan pelatihan kerja secara langsung. Hal itu dapat dilakukan di instansi atau lembaga yang relevan dengan program pendidikan yang diikuti. Dengan demikian, setelah lepas dari ikatan akademik di perguruan tinggi yang bersangkutan, mahasiswa bisa memanfaatkan ilmu dan pengalaman yang telah diperoleh tersebut di dunia kerja yang sebenarnya.

Salah satu program yang dapat ditempuh untuk dapat mewujudkan hal tersebut di atas adalah dengan melaksanakan magang. Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah Praktik Kerja Lapangan dengan mengikuti semua aktivitas di lokasi kerja. Kegiatan magang ini merupakan salah satu bentuk kegiatan pelatihan yang dihadapkan langsung pada praktik kerja sebagai aplikasi dari kompetensi diri dan teori yang diperoleh mahasiswa, baik dari bangku perkuliahan maupun dari kegiatan lain di luar kuliah. Selain itu, mahasiswa juga dapat menambah pengetahuan, pengalaman, dan wawasan mengenai dunia kerja.

Dio Alif Utama, salah satu penerima manfaat beasiswa Etos ID yang juga berstatus sebagai mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Mataram, termasuk satu dari mereka yang beruntung mendapatkan kesempatan magang. Tak tanggung-tanggung, Dio melaksanakan magangnya di Negeri Sakura. Ia terpilih untuk mengikuti kegiatan PKL Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Mataram yang bekerja sama dengan Japan Agriculture Okinawa di Pulau Okinawa, Jepang.

Hari ini, Rabu, 17 Maret 2021, para mahasiswa internship tersebut dilepas oleh pihak fakultas untuk melakukan pembekalan selama tiga bulan di Bali sebelum berangkat ke Tsubogawa, Naha Okinawa. Magang ini rencananya akan dilaksanakan selama Maret—Desember 2021. Program magang ini sendiri merupakan bagian dari program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang diinisiasi oleh Kemendikbud.***