SURABAYA, (MADURAEXPOSE.COM)– Pelaksana Program Keluarga Harapan (PPKH) Surabaya yang dikomandoi 2 Koordinator Kota, yakni Alfan Yunanto dan Santy Putri Yulianti ini melaksanakan acara Appreciation Day 2019 pada hari Kamis, 12 Desember 2019 di Kaza Mall Surabaya.

Perlu diketahui, Appreciation Day ini merupakan kali pertama yang diselenggarakan oleh PPKH Kota Surabaya sebagai wujud apresiasi kepada kinerja Pendamping dan APD PKH Kota Surabaya.

Acara ini dipersembahkan untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH yang dengan berbesar hati untuk mengundurkan diri (tanpa tekanan dan paksaan) dari kepesertaan PKH disebabkan meningkatnya taraf ekonomi kehidupan keluarganya.

Salah satu yang turut memeriahkan acara tersebut adalah Sebagian besar e-Warong KUBE PKH yang tersebar di Kota Surabaya. Begitulah pemaparan dari Rezky Rahardjo Poetra, penyelia e-Warong Sidodadi Berkah Kecamatan Simokerto. 

Sebanyak 31 dari 39 e-Warong yang turut memeriahkan, diantaranya adalah e-Warong KUBE PKH Se-Kota Surabaya. Diantaranya Yakni e-Warong Berkah Jaya (Kecamatan Gayungan), e-Warong Bolodewo (Kecamatan Simokerto), e-Warong Sidodadi Berkah (Kecamatan Simokerto), Ee-Warong Sambikerep Sukses (Kecamatan Sambikerep), e-Warong Sidosermo Sejahtera (Kecamatan Wonocolo), e-Warong Mawar Sejahtera (Kecamatan Sawahan), e-Warong Mojo Agung (Kecamatan Gubeng) dan masih ada 24 e-Warong Kota Surabaya lainnya.

Harapan penyelia semoga dengan kehadiran E-warong selain dapat dirasakan kehadirannya oleh KPM, tapi juga bisa dimanfaatkan oleh Pendamping PKH Kota Surabaya. Seperti turut serta mensukseskan acara ini dalam bentuk sumbangsih waktu, tenaga, dan materi.

Sementara Evi Alfiah yang akrab disapa Alfi, Penyelia E-warong Berkah Jaya Kecamatan Gayungan, bahwa e-Warong KUBE PKH adalah Sarana usaha yang didirikan  dan dikelola KUBE jasa Program Keluarga Harapan (PKH) oleh Kementerian Sosial RI. 

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM

”Perlu diketahui jika E-warong KUBE PKH adalah Sarana usaha yang didirikan  dan dikelola KUBE jasa Program Keluarga Harapan (PKH) oleh Kementerian Sosial RI.  Dengan harapan mampu meringankan beban pengeluaran dan meningkatkan taraf ekonomi kehidupan keluarga kurang mampu,”ujanrnya.

Ditambahkan Alfi, sudah sewajarnya,jika pihaknya turut serta mensukseskan acara yang diselenggalarakan oleh PPKH.

“Karena memang kami berasal dari induk yang sama, yakni Kementerian Sosial RI. Semoga kehadiran e-Warong KUBE PKH yang tersebar di kecamatan-kecamatan bisa dirasakan manfaatnya untuk KPM PKH dan Pendamping PKH yang ada di Surabaya,” imbuh Alfi.

Selain itu, pihknya berharap dapat membantu meningkatkan taraf ekonomi keluarga anggota KUBE dan memudahkan transaksi bantuan sosial bagi KPM lainnya.

Untuk diketahui, Acara ini juga mengambil tema “Meraih Keluarga Produktif Sejahtera” yang dimana PPKH Kota Surabaya akan melakukan penandatanganan MoU dengan sejumlah kampus untuk bersama-sama mengedukasi dan membantu KPM PKH agar menjadi keluarga yang produktif demi kesejateraan keluarga.

Kampus tersebut diantaranya Universitas Sunan Giri (UNSURI) Surabaya, Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I), dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi International Business Management (STIE IBMT) Surabaya. (*)

Editor:Ferry Arbania