Bulog Jember Pasok Beras 24 Ribu ke Papua, Sumatera dan Kalimantan

0
653

MADURAEXPOSE—Inspirasibangsa (26/12) — Perum Bulog Sub Divisi Regional XI Kabupaten Jember memasok beras 24 ribu ton untuk kebutuhan tiga pulau besar yaitu Papua, Sumatera dan Kalimantan.
“Tahun ini kami mengalami surplus beras, sehigga ada instruksi untuk mengirimkan beras ke sejumlah daerah yang stok berasnya menipis yakni Pulau Sumatera, Kalimantan, dan Papua,” kata Kepala Bulog Sub Divre XI Jember M. Yulistyo Pramono, Jumat (25/12).
Ia mengatakan pengiriman beras ke sejumlah daerah di luar Pulau Jawa itu dilakukan secara bertahap hingga akhir Desember 2015, sehingga sebanyak 24.000 ton itu tuntas didistribusikan ke sejumlah daerah yang kekurangan stok beras.
Menurutnya, stok beras yang ada di sejumlah gudang Bulog mencapai 20 ribu ton lebih dan persediaan itu cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang menerima jatah raskin hingga Juni 2016.
“Masyarakat tidak perlu khawatir dengan stok beras hingga akhir tahun karena stok di Bulog Jember cukup untuk enam bulan ke depan,” tuturnya.
Kabupaten Jember merupakan salah satu kabupaten penghasil beras terbanyak atau lumbung pangan di Jawa Timur, sehingga produksi gabah dan beras melimpah di kabupaten setempat.
“Setiap tahun, stok beras di Jember surplus, sehingga Bulog Subdivre XI mengirimkan sisa beras ke sejumlah daerah yang kekurangan beras, khususnya ke luar Pulau Jawa,” paparnya.
Sementara itu, pihak Subdivre XI Jember sudah menuntaskan penyaluran raskin ke-13 dan 14 di kabupaten setempat.
“Distribusi beras untuk masyarakat miskin ke-13 dan 14 sudah tuntas sebelum Natal. Sejauh ini tidak ada tunggakan untuk raskin di Jember karena semuanya sudah terbayar,” katanya.
Jumlah penerima raskin di Jember sebanyak 192.591 rumah tangga sasaran (RTS) dengan masing-masing RTS menerima sebanyak 15 kilogram, sehingga kebutuhan raskin yang disalurkan mencapai 2.894.265 kilogram per bulan atau sekitar 35.000 ton per tahun.

(Her/InsB)