Scroll untuk baca artikel
PendidikanZONA KAMPUS

BRIN Kenalkan Teknologi Akselerator pada Talenta Perguruan Tinggi

Avatar photo
103
×

BRIN Kenalkan Teknologi Akselerator pada Talenta Perguruan Tinggi

Sebarkan artikel ini
Foto: dok. Humas BRIN

Maduraexpose.com- Organisasi Riset Nanoteknologi dan Material (ORNM) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bersama dengan RIKEN, lembaga riset Jepang terkemuka, menyelenggarakan The 1st Conference on Accelerator-Based Science and Technology (CAST 2024) di KST B.J. Habibie, Serpong, selama empat hari mulai tanggal 19 hingga 22 Februari 2024.

Pada hari pertama, Senin (19/2/2024) adalah School Program yang dihadiri oleh 125 mahasiswa tingkat akhir dari berbagai perguruan tinggi seperti Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Surabaya (ITS), Universitas Padjadjaran (UNPAD), dan Universitas Diponegoro (UNDIP), serta peneliti pemula. Mereka berpartisipasi dalam program School on Advanced Spectroscopy for Material Sciences.

Raden Arthur Ario Lelono, Direktur Manajemen Talenta BRIN, menyampaikan bahwa tujuan dari School Program ini selain untuk pembekalan pengetahuan terkait teknologi akselerator juga untuk menyosialisasikan skema Manajemen Talenta di Sumber Daya Manusia dan Pengembangan Manajemen Talenta SDMI-BRIN.

Kegiatan ini juga berupaya dapat meningkatkan peminatan generasi muda terhadap teknologi nuklir. Sementara Manajemen Talenta diharapkan dapat memfasilitasi mereka menjadi ahli nuklir di masa mendatang.

Arthur menerangkan bahwa ada beberapa program yang berkaitan dengan manajemen talenta. Program tersebut terutama tentang sains dan teknologi yang berasal dari akselerator yang sangat relevan bagi BRIN. “Program ini akan kami kembangkan skema baru bersama LPDP,” ucap Arthur dalam keterangannya dikutip dari laman BRIN, Jakarta, Kamis (22/2/2024).

------------------------