Babinsa Pakamban Laok Dampingi Petugas Imunisasi Campak MR Untuk Anak PAUD

0
584

MADURAEXPOSE.COM–
Babinsa Pakamban Laok Koramil 0827/09 Pragaan, Kodim 0827 Sumenep Koptu Rudy Misyanto bersama dengan perangkat desa membaur bersama masyarakat membantu Bidan Desa melaksanaan imunisasi Campak MR untuk anak – anak di Sekolahan PAUD ” Ali Imron” Desa Pakamban Laok, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep. Kamis (24/8/2017)

Wakhidatul Muta Affif AMdKes selaku Bidan desa Pakamban Laok mengatakan, Campak MR merupakan salah satu jenis penyakit menular penyebab berbagai komplikasi. Penyakit ini banyak terjadi di kalangan balita dan anak pra-sekolah ini berpotensi menyebabkan wabah dan kejadian luar biasa (KLB) serta menyebabkan kematian.

Penyakit campak merupakan infeksi virus Paramyxovirus yang sangat menular. Gejalanya ditandai dengan demam, batuk, peradangan selaput ikat mata (konjungtiva) dan ruam kulit. Tanpa imunisasi, wabah campak akan terjadi dalam kurun waktu dua-tiga tahun terutama pada anak usia prasekolah.

Banyak orang tua yang seringkali melewatkan periode imunisasi pada anaknya, faktor kelalaian inilah yang akhirnya membuat banyak anak Indonesia rentan terhadap berbagai jenis penyakit, seperti campak. Alasan orang tua tidak mengimunisasi anaknya antara lain karena khawatir efek samping (kejadian ikutan pasca imunisasi/KIPI), isu obat imunisasi tidak halal dan karena tidak paham dampak bila anak tidak diimunisasi.

Namun, bila kesadaran akan pentingnya imunisasi campak turun, maka tingkat penyebaran wabah campak akan semakin tinggi. Ini berarti jumlah anak yang berpotensi menyebarkan wabah campak kepada teman-temannya pun semakin tinggi. Jadi, selagi bisa sebaiknya penyakit campak harus kita cegah dengan melakukan imunisasi campak saat usia bayi 9 bulan dan imunisasi ulangan di usia 6 tahun, ujar Bu Bidan Desa ini

Ibu Hosniyah Kepala sekolah PAUD ” Ali Imron ” Desa Pakamban Laok, Kecamatan Pragaan mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya imunisasi campak di Sekolahannya. Ia berharap nantinya tidak ada Murid maupun anak- anak di Pakamban Laok dan Desa- Desa disekitarnya yang terjangkit campak.

HotNews:  4 Hari lagi, DPC PKB Sumenep Akan Gelar Muscab dan Pengukuhan

” Inilah mengapa pentingnya imunisasi campak pada anak, yaitu agar pencegahan dapat dilakukan, dan jika terkena campak efek dari penyakit tersebut tidak terlalu parah”, pungkasnya. (pur/fer)