MADURA EXPOSE.— Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan),Yudhi Crisnadi mewakili Presiden Jokowi,Minggu (6/12) melaunching SIM Online di 45 Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) di seluruh Indonesia.

Launching yang diselenggarakan secara serentak oleh Korlantas Polri di Parkir Timur Senayan tersebut sebagai tanda bahwa pelayanan SIM secara online sudah bisa dilaksanakan di masing- masing Satpas yang ada.

Lebih lanjut, Menpan RB Yuddy Chrisnandi yang membacakan sambutan dari Presiden Jokowi mengatakan pelayanan SIM Online ini dapat meminimalisasi penyimpangan di lapangan seperti percaloan.

“Pak Presiden sangat apresiasi dengan adanya inovasi ini yang mana pelayanan SIM online juga bisa meminimalisasi penyimpangan seperti percaloan dan memangkas birokrasi yang rumit‎,” jelas Yuddy.

Sementara itu dalam sambutannya, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan bahwa SIM online ini adalah salah satu wujud pelayanan prima kepada masyarakat dari Polri khususnya Polisi Lalulintas. “Kecepatan dalam pelayanan yang dilakukan oleh Polri, khususnya lalulintas akan terus lebih ditingkatkan,” kata Haiti saat memberi sambutan..

Jenderal Polisi putra daerah Jember tersebut juga menegaskan, bahwa nantinya bagi masyarakat yang ingin memiliki SIM, diharuskan memiliki sertifikat dari kursus mengemudi. Jika sudah memiliki sertifikat, maka selanjutnya baru bisa mengurus SIM.Namun hal ini belum bisa ditentukan kapan akan diberlakukan.

“Langkah ini bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas,” jelas Haiti. Ditambahkan oleh Haiti jika di Indonesia angka kecelakaan lalulintas yang mengakibatkan korban meninggal dunia mencapai antara 50 – 60 orang per hari.

Haiti juga mengatakan bahwa, program SIM online yang dilaunching saat ini (6/12) merupakan program pemerintah untuk melakukan pemebenahan administrasi dan birokrasi yang selama ini terkesan berbelit-belit. Terlebih program ini juga terintegrasi langsung dengan aplikasi E KTP.

Hadir pula dalam acara launching SIM online di Senayan, Menkopolhukam Jenderal (Purn) Luhut Binsar Panjaitan yang ikut menyaksikan launching SIM online serentak di seluruh Indonesia. Luhut juga memberikan ucapan selamat kepada Jajaran Kepolisian khususnya Korlantas yang sudah mewujudkan upaya memberi pelayanan prima kepada masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan inovasi yang terus dilakukannya.

Ucapan selamat tersebut juga disampaikan oleh Luhut kepada Waka Polda Jatim, Brigjen Eddy Haryanto,atas launching SIM Online yang digelar Dit Lantas Polda Jawa Timur yang bertempat di Taman Bungkul, Jalan Raya Darmo,Surabaya. Ke depan diharapkan pelayanan Polisi Lalulintas kepada masyarakat,akan lebih baik lagi dengan upaya – upaya yang terus dilakukan oleh pihak Kepolisian.

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM

(red/***)