Analis Politik: Nasib PDIP Sumenep Tanpa Koalisi PKB di Pilkada 2024

0
343

Sumenep (Maduraexpose.com)– Sepintas terlalu dini jika memprediksi siapa tokoh yang akan maju dalam kontestasi Pilkada Sumenep 2024 menyusul kekalahan Paslon PKB yang mengusung pasangan calon (paslon) yakni Fattah Jasin- Ali Fikri melawan paslon Achmad Fauzi- Dewi Khalifah yang diusung PDI Perjuangan, Gerindra,PAN, PKS dan PBB.

Kekalahan paslon Fattah Jasin-Ali Fikri sempat menuai kontroversi dikalangan masyarakat. Bahkan saat itu sempat berhembus kabar akan ada gugatan hasil Pilkada Sumenep ke Mahkamah Konstitusi (MK) meski pada akhirnya tak terjadi keributan seperti dikhawatirkan banyak kalangan.

Namun demikian, melihat masa kerja Bupati priode saat ini hanya sekitar 3,5 tahun, masih agak relevan untuk menguji kecendrungan publik terhadap perkembangan politik dewasa ini.

“Terlalu Dini untuk Memprediksi siapa saja yang akan menjadi rival politik incumbent. Akan tetapi pada tahun 2024 nanti, apabila sistem dan regulasi tidak berubah, tentu semua pihak memiliki kesempatan yang sama dalam Kontestasi Pilkada kedepan”ujar Zamrud Khan,pengamat politik dari KONTRA’SM.

Zamrud menjelaskan, semua pihak yang dimaksud memiliki peluang yang sama seperti yang dilakukan partai politik dalam mengusung calon kepala daerah.

“Namun berdasarkan Sejarah Pilkada di Sumenep atau di Madura,sampai saat ini belum ada calon independent atau Perseorangan,”imbuhnya.

Ditanya sejauh mana kemampuan incumbent dalam mempertahankan kekuatannya di Pilkada mendatang, Zamrud menilai tetap berpatokan kepada kepercayaan masyarakat yang akan mendistribusikan hak suaranya dalam pesta demokrasi.

“Dan ingat kata bijak, Vox vopuli vox rei, suara rakyat adalah suara Tuhan “tandasnya.

Kendati demikian, sekuat apapun PDI Perjuangan memperjuangkan posisi incumben, tetap saja tak bisa berjuang sendirian karena jumlah kursi di DPRD Sumenep masih dibawah PKB.

“PDIP jika di Kabupaten Sumenep, tetap akan berkoalisi dengan partai lainnya terutama dalam pemenuhan syarat calon. Berikutnya PDIP untuk dapat kursi di basis kantong suara santri akan sulit,” sindirnya seperti hendak mengingatkan peran Dewi Khalifah dalam kontestasi sebelumnya.

HotNews:  Desa Karduluk Mencekam, Diduga Tak Puas Terhadap Panitia Pilkades

Mantan Ketua Panwaslu (sekarang Bawaslu) selama beberapa priode ini menyarankan agar PDI Perjuangan berjuang sekuat tenaga agar memiliki kursi yang cukup di parlemen hingga bisa mengusung calon sendiri seperti yang dilakukan PKB pada Pilkada sebelumnya.

“Pilkada barusan saja berkoalisi dengan PAN dan Gerindra serta PBB nah untuk bisa mandiri seperti PKB yang sebenarnya tak perlu Berkoalisi”,tutup Zamrud.

Untuk diketahui, saat ini Ketua DPC PDI Perjuangan Sumenep dipercayakan kepada Achmad Fauzi yang sekarang menjabat sebagai Bupati Sumenep priode 2021-2024.(Ferry Arbania)