Wabup Achmad Fauzi Minta KPU Sumenep Pertajam Edukasi Politik Masyarakat

0
166
Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi saat menerima Penghargaan Adipura 2018 yang diserahkan langsung Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla, Senin (14/01/2019).

[vc_row][vc_column][vc_column_text]MADURAEXPOSE.COM, SUMENEP—Demi sukseskan proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumenep 9 Desember , Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi meminta KPU Kab sebagai penyelenggara agar mempertajam sosialisasi dan edukasi politik kepada masyarakat.

“Kami berharap KPU Kab Sumenep mempertajam sosialisasi dan edukasi politik demi meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020,” demikian Wabup Sumenep Achmad Fauzi, baru-baru ini dilansir Maduraexpose.com, Seni 3 Agustus 2020.

Ketua DPC PDI Perjuangan Sumenep ini menilai, sosialisasi dan edukasi bagi masyarakat sangat penting.

“Salah satu parameter keberhasilan sebuah pemilihan kepala daerah itu jika partisipasi masyarakat tinggi dalam menyalurkan hak suaranya nanti di TPS”, imbuhnya.

Ia mengungkapkan, data partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, ternyata mengalami penurunan sejak tahun pertama pelaksanaan, tahun 2005 lalu.

Untuk partisipasi masyarakat di Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep, di tahun 2005 mencapai 73,21 persen, tahun 2010 untuk putaran pertama sebesar 63,61 persen, dan putaran kedua sebesar 54,56 persen. Sedangkan pada tahun 2015 partisipasi masyarakat dalam menyalurkan aspirasi politiknya sebesar 66,55 persen.
Editor: Ferry Arbania
[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]