Pasang Iklan Tanpa Batas Hub.081332778300

Maduraexpose.com- Seorang pejabat di liga sepak bola Iran mengatakan, delapan pemain sepak bola perempuan Negeri Mullah itu ternyata berjenis kelamin laki-laki. Mereka kini tengah menunggu proses untuk menjalani operasi pergantian kelamin.

Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Kamis (1/10), publik Iran kini mengecam para petinggi di badan sepak bola karena ketahuan memakai pemain laki-laki di tim sepak bola perempuan.

Sejumlah pejabat kini memerintahkan pemeriksaan jenis kelamin di seluruh pemain tim nasional yang berlaga di kompetisi liga.

“Delapan pemain selama ini bermain di tim sepak bola perempuan tanpa mengganti kelamin mereka,” kata Mojtabi Sharifi, pejabat yang dekat dengan badan liga sepak bola Iran.

Ini rupanya bukan kali pertama terjadi skandal jenis kelamin dalam dunia sepak bola Iran.

Tahun lalu empat pemain ketahuan berkelamin laki-laki dan pada 2010 lalu penjaga gawang tim nasional perempuan juga sempat dipertanyakan jenis kelaminnya.

Operasi ganti kelamin dibolehkan sejak 1979 ketika pemimpin spiritual Ayatullah Khomeini mengizinkan praktik tersebut.

Para pemain yang tidak bisa membuktikan jenis kelaminnya dilarang bermain dalam kompetisi sepak bola perempuan tapi mereka bisa kembali mendaftar jika sudah menjalani operasi ganti kelamin.

“Jika mereka bisa melewati pemeriksaan dengan operasi ganti kelamin maka mereka bisa ikut dalam kompetisi sepak bola perempuan,” kata Ahmad Hashemian, ketua PSSI Iran, tahun lalu.(merdeka)