Scroll untuk baca artikel
Expose Utama

Telkomsat Sukses Luncurkan Satelit Merah Putih Dua dari Florida

Avatar photo
152
×

Telkomsat Sukses Luncurkan Satelit Merah Putih Dua dari Florida

Sebarkan artikel ini

Maduraexpose.com- Satelit Merah Putih Dua sukses diluncurkan Telkomsat, anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat (AS) pada Selasa (20/2/2024) pukul 15.11 waktu setempat atau Rabu (21/2/2024) pukul 03.11 Waktu Indonesia Barat.

“Alhamdulillah, Satelit Merah Putih Dua telah berhasil diluncurkan hari ini dengan lancar. Itu merupakan milestone penting bagi TelkomGroup khususnya dalam mendukung terwujudnya pemerataan akses konektivitas di seluruh Indonesia bahkan di daerah 3T. Keberadaan Satelit Merah Putih Dua ini juga menjadi fondasi yang memperkuat portofolio bisnis satelit TelkomGroup yang dijalankan Telkomsat,” ujar Direktur Utama (Dirut) Telkom, Ririek Adriansyah, dalam keterangannya terkait peluncuran Satelit Merah Putih Dua dari Cape Canaveral, Florida, pada Rabu (21/2/2024).

Dirut Telkom Ririek menjelaskan, Satelit Merah Putih Dua merupakan satelit ke-11 sekaligus satelit pertama TelkomGroup yang menggunakan teknologi High Throughput Satellite (HTS) atau yang juga dikenal dengan broadband satelit.

Satelit itu diluncurkan dengan roket Falcon 9 besutan SpaceX, perusahaan pembuat pesawat antariksa asal AS, dan akan menempati slot orbit 113 derajat Bujur Timur (113 BT).

Dengan kapasitas hingga 32 gigabyte per second (Gbps), satelit milik Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini membawa transponder aktif frekuensi C-band dan Ku-band, yang akan menjangkau seluruh area Indonesia.

“Sebagai negara di kawasan khatulistiwa yang memiliki curah hujan tinggi, satelit itu diharapkan dapat menjadi satelit HTS atau broadband satellite paling andal (reliable) di Indonesia. Hal itu dikarenakan kombinasi kedua frekuensi yang dimiliki di mana frekuensi C-Band adalah frekuensi yang memiliki performa paling baik terhadap curah hujan,” tuturnya.

------------------------