Tak Punya Modal Malam Mingguan, Eh Nyolong Ayam

0
644

MADURAEXPOSE.COM–Maskud hati hendak menjual barang hasil curiannya. Namun langkah Supriyadi (23), justru terpergok warga. Akhirnya pemuda Dusun Sumberurip, Desa Barurejo, Kecamatan Siliragung ini diamankan ke Mapolsek Tegalsari.

16 ekor ayam turut pula diamankan sebagai bukti dugaan kasus pencurian ternak yang dilakukan pelaku. Belasan unggas tersebut diakui piaraan tiga orang warga. Masing-masing 8 ekor ayam blasteran Bangkok – Jawa milik Nur Effendi (26). Pedagang yang tinggal di Dusun Blokagung, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari ini mengaku menanggung rugi Rp 2,5 juta.

Korban kedua menimpa Mukhlisin (49), tetangga satu dusun Nur Effendi. Satu ekor ayam ketawa milik buruh bangunan ini raib dari lokasi piaraan. Ayam yang menurut para penghobi mirip orang tertawa saat berkokok itu bernilai Rp 500 ribu per ekor.

Sutikno (67), merupakan orang ketiga yang menjadi korban tangan panjang Supriyadi. Sebanyak 7 ekor ayam kampung yang dipasaran bisa mencapai harga Rp 1 juta disikat pelaku tanpa belas kasih. Kakek yang bermukim di Dusun Sumber Kembang Barat, Desa Karang Mulyo, Kecamatan Tegalsari ini telah menyatakan diri sebagai saksi korban.

Kapolsek Tegalsari AKP Suhardi melalui Kasi Humas Aiptu Suprato menceritakan, belasan ekor ayam itu dicuri pelaku pada Jumat (5/5/2017) malam. Usai melakukan eksekusi, Supriyadi tidak langsung membawanya pulang ke rumah. Dia pilih menyembunyikan di sebuah kebun tak jauh dari kediaman Sutikno, di Dusun Sumber Kembang Barat, Desa Karang Mulyo.

“Sabtu (6/5/2017) petang pelaku kembali mendatangi TKP penyimpanan barang bukti. Maksudnya mengambil ayam itu untuk dijual. Tapi aksinya dipergoki warga dan akhirnya ditangkap, lalu diserahkan kepada aparat,” jelasnya.

Aksi lanjutan kejahatan pelaku sebetulnya telah terencana. Supaya tidak dikenali dia sengaja melepas plat nomer sepeda motor yang digunakan kala beraksi. Namun taktik itu kurang jitu. Modusnya ketahuan warga dan berujung pada penangkapan.

“Pelaku, ayam dan motor sama-sama diamankan. Para korban juga didatangkan untuk dimintai keterangan. Total kerugian sekitar 3 juta rupiah,” ulas Aiptu Suprapto mewakili Kapolsek AKP Suhardi.

Rupanya, Supriyadi nekad mencuri lantaran tak punya uang. Sementara akhir pekan telah menjelang untuk dilalui bersama rekan sebayanya. Sebagai bekal malam mingguan pemuda ini nekad mencuri ayam milik warga yang tinggal di dua desa.
HUMAS POLSEK TEGALSARI