MADURA EXPOSE– Dalam rangka mensukseskan Visit Sumenep 2018, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menggelar Event Pameran lukisan yang bertajuk Pesona Indonesia

Kegiatan yang masuk kalender pemkab Sumenep ini digelar di gedung Graha Adipoday, Sumenep, Jawa Timur.

Bupati Sumenep Dr KH.A Busyro Karim, M.Si yang hadir langsung membuka Event tersebut dan menandatangani prasasti pada hari Senin (01/05) yang di dampingi oleh Sekretaris Daerah R.Idris, Dandim 0827/Sumenep Letkol Inf Ato Sudiatna, Kapolres Sumenep AKBP Fadillah Zulkarnaen, S.IK, SH, para kepala OPD dan para Camat se Kabupaten Sumenep, dan para seniman di jatim.

Dalam kesempatan itu Bupati Sumenep, menyempatkan diri menuangkan karya lukisnya di salah satu kanvas yang telah di sediakan oleh panitia.

“Sebagai seniman lukis harus selalu berinovasi dalam rangka hasil seni yang maksimal termasuk karya seni yang di tampilkan oleh para peserta merupakan hasil imajinasi mereka yang di tuangkan dalam lukisan”, papar orang nomor satu di Sumenep itu

Kabupaten Sumenep yang kaya akan keanekaragaman budaya seperti karapan sapi, tempat wisata religi serta wisata alam yang bisa dituangkan dalam lukisan.

“Sejarah Sumenep yang ikut andil dalam berdirinya kerajaan Majapahit yaitu Adipati Arya Wiraraja, merupakan putra terbaik Sumenep”, jelas Bupati Sumenep

Bupati dua periode ini menambahkan, Sumenep merupakan daerah yang mempunyai keanekaragaman budaya dan mempunyai khasanah budaya yang harus di pertahankan dan tetap di lestarikan.

Pria yang akrab disapa Abuya Karim ini sangat kagum dengan hasil karya para seniman yang bisa memberikan ornamen keindahan tersendiri kepada lukisannya sehingga mempunyai arti yang sakral bukan hanya keindahan saja.

Dalam acara tersebut, peserta yang terdiri dari para pelukis kondang dari lokal Sumenep juga dihadiri para pelukis dari luar kota, diantaranya, Surabaya, Jember, Sidoarjo, Malang, Madiun, Jogja, Bali dan dari provinsi yang lain ikut andil memeriahkan khasanah seni lukis di Kabupaten Sumenep.

Misnaya yang merupakan pelukis lokal Sumenep mengatakan, pagelaran seni lukis ini sudah lama tidak di gelar. Semoga kedepannya pagelaran seni rupa bisa di adakan oleh pemerintah kabupaten Sumenep minimal 1 tahun sekali untuk menggali potensi dan bakat para seniman.

“Event seni lukis ini akan meningkatkan progran pemerintah tentang Visit Sumenep 2018 yang akan menampilkan lukisan khasanah budaya Sumenep seperti lukisan Karapan Sapi, Topeng, Saronen, bahkan lukisan religi dan keindahan wisata yang ada di kabupaten Sumenep sesuai dengan tajuk yang di tampilkan yaitu Pesona Indonesia”, ucap Misnaya.

Dia berharap dengan adanya pameran seni lukis ini akan memberikan nuansa baru kepada para seniman untuk meningkatkan hasil karyanya, dan dukungan Pemerintah Kabupaten Sumenep merupakan support bagi kami para seniman untuk meningkatkan seni lukis khasanah budaya Sumenep kepada para wisatawan.

(ks/sg/***)

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM