#Sidoarjo dalam kubangan lumpur Lapindo. Ist.Foto: Ferry Arbania/Maduraexpose.com

SURABAYA (MADURA EXPOSE)—Pengeboran sumur gas di Desa Kedung Banteng, Kecamatan Tanggulangin I, Sidoarjo mendapat sorotan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, yang mendesak adanya pengkajian ulang terkait pengajuan ijin sebelumnya.

Sejauh ini, ketua DPD Demokrat Jawa Timur ini mengaku tidak pernah mendapatkan informasi terkait adanya rencana pengeboran yang akan dilakukan pihak Lapindo pada bulan Maret 2016 mendatang. Untuk itu, lanjut Gubernur dua priode ini, pihaknya berencana berkirim surat kepada Menteri ESDM di Jakarta.

“Harusnya ada penjelasan terlebih dulu terkait rencana pengeboran Lapindo pada Maret 2016. Kami berharap Pemerintah pusat mengkaji ulang rencana pengeboran itu agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari”, ujarnya kepada awak media di Surabaya, Jawa Timur.

Informasi lain yang beredar dikalangan media, saran supaya ijin pengeboran sumur gas di Sidoarjo supaya di kaji ulang tak digubris, hingga akhirnya izin pengeboran gas tetap dikeluarkan. Sumber lain menyebutkan, rencana pengeboran sumur gas Tanggulangin I direncanakan sebelumnya pada tahun 2012, namun ditentang keras oleh warga. Ujung-ujungnya disinyalir telah keluar ijin pengeboran pada bulan Maret mendatang.

[dbs/fer]