Serunya Belajar Sains di Elfitra Expo 2015

0
1103

Maduraexpose.com- Tidak semua orang menganggap sains itu sesuatu yang menyenangkan. Namun anggapan itu terbantahkan ketika mengunjungi El Fitra Expo 2015 yang diselenggarakan Sabtu (17/10) di gedung SD EL Fitra, Jalan Cibodas Raya no. 49 Bandung.

Acara yang diselenggarakan atas kolaborasi dari tiga sekolah, yakni SD El Fitra, SMP El Fitra, dan SMA El Fitra berlangsung meriah dengan memamerkan karya-karya siswa di bidang sains dan teknologi.

Mengusung tema “Science is Fun”, El Fitra expo memadukan antara sains dan teknologi dengan bidang kerajinan dan keterampilan.

“Acara ini didesain untuk menumbuhkan minat sains para siswa-siswa. Selain itu juga, (acara ini) sebagai ajang untuk menampilkan karya-karya siswa kepada orang tua mereka dan masyarakat,” tutur Rahmat Hidayat selaku ketua panitia.

Beberapa hasil kreativitas siswa yang ditampilkan adalah alat deteksi banjir, sensor gempa, tabung nada, meriam pipa, dan masih banyak lagi. Namun di antara alat-alat yang dipamerkan, yang paling banyak didatangi pengunjung adalah bola listrik. “Bola yang unik. ketika disentuh dengan tangan, maka akan menghasilkan petir kecil yang menuju tangan kita. Terus, lampu neon yang dipegang dengan tangan bisa nyala sendiri jika didekatkan ke bola tersebut. Seru!” ujar salah satu pengunjung.

“Di sini, perwakilan dari masing-masing sekolah menampilkan hasil kreativitas dan eksperimen sains masing-masing. Karya-karya tersebut diperagakan di depan panggung utama dan stand booth sekolah masing-masing. Selain itu, momen ini juga digunakan sebagai acara pembagian rapot siswa dan juga sebagai ajang silaturahmi antara sekolah dengan orang tua,” lanjut Rahmat.

“Acara yang sama akan diselenggarakan setiap tahun dan akan lebih meriah lagi karena akan ada konsep kompetisi antar-sekolah se Jawa Barat. Dan yang paling penting, melalui sains dan teknologi, media pembelajaran akan semakin interaktif dan menyenangkan baik kepada siswa maupun masyarakat,” tutupnya.

(***/hoki)