Air Terjun Toroan/Foto Dari @aqinfhy_

MADURAEXPOSE.COM–Pernah berkunjung ke air terjun Jogan di Gunung Kidul? Kalau udah berarti kamu sudah bisa membayangkan seperti apa wujud dari Air Terjun Toroan yang ada di Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang. Pokoknya dua-duanya sama-sama air terjun yang terjun dan mengalir langsung ke laut. Air terjun ini masih berada di satu kawasan yang sama dengan Pantai Nepa dan Hutan Kera Nepa. Kurang lebih hanya berjarak 5 km perjalanan saja.

Akses jalan menuju lokasi air terjun yang pernah dikunjungi salah satu acara perjalanan yang kaosnya dipakai sejuta umat itu terbilang cukup mudah kok guys. Terdapat dua pilihan jalan yang bisa kamu gunakan untuk mencapai lokasi air terjun ini.

Pertama, kamu bisa melewati jalur Pantai Utara di Kabupaten Bangkalan atau langsung melintasi hiruk-pikuk jantung kota Sampang. Tapi kalau menggunakan kapal di Pelabuhan Kamal, sebaiknya kamu memulai perjalanan via jalur Pantai Utara saja karena jaraknya yang lebih dekat. Kalau kamu datang dari Tol Suramadu kamu bisa langsung menuju Kecamatan Ketapang.

Sejauh ini belum ada tarif masuk menuju lokasi air terjun ini. Tapi kamu harus dan wajib membayar ongkos parkir ya guys. Gak mahal ko cuma Rp. 5.000 aja untuk kendaraan roda dua, dan Rp. 10.000 untuk kendaraan roda empat. Air terjun Toroan menawarkan susana wisata yang masih sangat alami. Jauh dari hiruk-pikuk khas tempat wisata. Cocok banget untuk menenangkan diri.

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM

Kedalaman kolamnya mencapai 2 meter so kamu harus berhati-hati ya guys. Dengan ketinggian sekitar 20 meter, Air Terjun Toroan memuntahkan aliran air yang lumayan deras dan pastinya segar banget. Perlu kamu pertimbangkan ya guys. Di sekitar lokasi air terjun ini belum ada fasilitas apapun. Baik toilet maupun kamar ganti jadi silakan kamu pikirkan sendiri cara untuk mengganti pakian setelah puas main air. [ngadem]