Sabi Band Wakili Indonesia Promosikan Gambus ke Tokyo

0
965
FOTO BERSAMA: Kru Sabi band asal Pekanbaru foto bersama, belum lama ini/Istimewa.

MADURAEXPOSE–Untuk pertama kalinya band asal Pekanbaru mewakili Indonesia pada ajang tahunan Asian Beat. Festival musik benua untuk band indie gelaran Yamaha Music ini sudah eksis sejak tahun 90-an. Kini Sabi Band asal Pekanbaru berkesempatan memenuhi mimpi untuk unjuk gigi di Tokyo pada Grand Final Asian Beat 2016, 4 November mendatang.

Perjuangan band ini untuk mencapai puncak ajang Asian Beat 2016 tidak mudah. Mereka sudah mencoba sejak 2013, mulai dari seleksi regional hingga nasional bersaing dengan grup band seluruh Indonesia. Pada 2013, Sabi sempat meraih Juara III nasional, 2014 malah gugur lebih awal di tingkat regional Sumatera tengah.

Pantang menyerah dan terus berkarya, band yang digawangi Freza (vokal), Kevin (Gitar), Wawan (drum), Ryan (Bass) dan Riski (Synthesizer) kembali diajang yang sama pada 2015. Mulanya kali ini ada harapan, karena masuk Final kembali untuk Mewakili Sumatera Bagian Tengah. Namun lagi-lagi pulang dengan tangan hampa karena masih kalah bersaing.

Manajer Sabi Band M Fikhri Johari menyebutkan, mereka bertekad memenangkannya pada 2016. Semua dipersiapkan, latihan giat dilakukan. Tidak kalah menarik, mereka memasukkan instruman musik khas Melayu Gambus dengan merangkul pemetik gambus, Marta. Hasilnya, mereka kembali ke Final nasional. Pada 24 September 2016 di Rolling Stone Kemang, Jakarta, Sabi dikukuhkan sebagai Juara dan berhak mewakili Indonesia ke Jepang.

’’Aliran bermusik Sabi Band sebenarnya ada Electronic Rock Modern, dengan tambahan alat musik Gambus, Sabi jadi punya ciri khas yang unik. Warna musik kami jadi berbeda. Hasilnya luar biasa, Juara di Regional, Juara Nasional dan akhirnya cita-cita kami untuk mencapai
Grand Final di Jepang selama ini tercapai,’’ Fikhri saat ditemui di Kafe Suli, Rabu (5/10) siang.

Johari menyebutkan, tanpa alat musi Gambus yang memiliki dengan ciri khas suaranya, Sabi hanya akan menjadi band dengan aliran musik Rock Modern pada umumnya. Dirinya dan para awak band Sabi bahkan memberikan porsi cukup besar untuk instrumen gambus .

(end)

[riasupos.co]