Rahasia Mengerikan Dibalik Setiap Penerbangan

0
638

MADURA EXPOSE.— 

Sering bepergian dengan menggunakan moda transportasi udara? Jangan menganggap sudah mengetahui tentang turbulensi, keamanan dan makanan selama di atas pesawat.

Seperti dilansir laman Dailymail, berikut ini beberapa hal yang diungkap pilot tentang penerbangan baik di dalam maupun di luar pesawat yang mungkin akan membuat orang terkejut.

Pesawat Kadang Gagal

Meskipun perjalanan pesawat tampak lancar, jangan salah, sebenarnya pesawat juga mengalami sejumlah kegagalan yang mengejutkan. Mulai dari kegagalan teknik seperti listrik cockpit mati, bahkan terbang dengan hanya satu mesin yang bekerja.

Pilot Tidur Selama Terbang

Sebuah survei Pilot Union tahun 2012, diungkap bahwa lebih dari setengah pilot tidur selama penerbangan. Kapten Piers Applegarth, dari BALPA mengatakan, “Umumnya, terbang kurang dari 10 jam dan 30 menit hanya membawa dua pilot. Untuk penerbangan yang lebih lama, tambahan pilot dibawa sehingga mereka memiliki kesempatan untuk istirahat.

Penerbangan lebih Halus di Pagi hari

Khawatir tentang adanya guncangan pesawat, penerbangan pagi adalah pilihan terbaik. Sebagian besar badai dilaporkan ada di sore hari dan umumnya bersih di malam hari, dalam arti cuaca berangin lebih sedikit di malam hari.

Setiap Pesawat Berisiko Terkena Petir

Beruntung hanya kerusakan kecil yang ditemukan karena serangan petir. Sebenarnya, pesawat terkena petir sering terjadi, setidaknya satu kali setiap tahun pada masing-masing pesawat.

Masker Oksigen Hanya 15 Menit

Dalam kondisi darurat, masker oksigen akan turun dan penumpang harus mengenakan masker tersebut. Namun oksigen yang disediakan melalui masker hanya bisa digunakan selama 15 menit. Dalam kondisi seperti ini, pilot harus menurunkan ketinggian pesawat sehingga penumpang tidak perlu menggunakan masker.