Gedung PUSA-RS milik RSUD H.Moh Anwar Sumenep diresmikan oleh Bupati Sumenep A.Busyro Karim, Jum'at 3/06/2016 #Maduraexpose.com

MADURA EXPOSE– Upaya pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan melalui RSUD H.Moh Anwar terus digalakkan. Salah satunya dengan mendirikan Pusat Pantaun Rumah Sakit (PUSPA-RS) yang diresmikan langsung oleh Bupati Sumenep A.Busyro Karim, Sabtu kemarin 4 Juni 2016.

Melalui PUSPA-RS ini, masyarakat yang mendapatkan kesulitan atau sekesar melakukan konsultasi pelayanan, akan lebih mudah terakomodir tanpa melalui calo atau pihak-pihak lain. Bagi masyarakat Sumenep atau siapapun yang ingin mengetahui seputar layanan kesehatan di RSUD H.Moh Anwar Sumenep bisa memperoleh informasinya darimana saja dan kapan saja hanya dengan mendownload aplikasi PUSPA-RS melalui aplikasi khusus yang tersedia di Play Store.

“Siapa saja yang membutuhkan informasi tentang RSUD H.Moh. Anwar Sumenep semisal pelayanan kamar, sal, pasien, SPM ataupun BPJS, mulai sekarang tinggal mendownload aplikasi kami di play store, PUSPA-RS,” terang dr.Fitril Akbar, Direktur RSUD H.Moh. Anwar Sumenep kepada awak media.

Hadirnya PUSPA-RS di RSUD Sumenep ini menjadi bagian penting merupakan reformasi internal dalam melakukan optimalisasi pelayanan kesehatan yang profesional dan memuaskan.

Sementara A.Buysro Karim, Bupati Sumenep usai melakukan peresmian PUSPA-RS mengatakan, salah satu bentuk reformasi yang dilakukan pihaknya adalah memberikan sebuah terobosan besar dalam meningkatkan pelayanan dengan menyediakan sejumlah petugas gabungan khusus yang diambil dari beberapa SKPD seperti Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Dispendukcapil Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Keterlibatan tim khusus dari berbagai SKPD ini, lanjut Busyro, akan lebih memudahkan pelayanan kesehatan di RSUD H.Moh.Anwar secara mudah dan memuaskan. Pihaknya mencontohkan, bagi pasien yang membutuhkan kelengkapan administrasi seperti KTP dan KK tidak harus ke kantor yang bersangkutan.

“Misalnya ada warga yang butuh melengkapi persyaratan administatif KTP dan KK, maka tidak perlu lagi datang ke Kantor Disduk Capil. Misalnya ada masalah dengan Kartu Indonesia Sehat atau KIS, kami sudah siapkan petugas khusus dari Dinas Sosial,” ujar Bupati Sumenep, A.Busyro Karim. \

Bupati juga mengajak semua pihak agar upaya ini diapresiasi secara bersama-sama, dalam rangkan meminimalisir adanya keluhan yang selama ini dialamatkan ke pihak RSUD H.Moh. Anwar Sumenep. Selain itu, mantan politisi DPRD Sumenep dua priode ini juga menekankan pentingnya menjaga kesinambungan program layanan kesehatan. [fer/***]

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM