https://youtu.be/2GP7MFLYy38MADURAEXPOSE.COM–Lagu Aisyah Istri Rasulullah masih menjadi perdebatan di Indonesia hingga saat ini. Dari wacana yang mempersoalkan lirik lagu dianggap hanya menonjolkan sisi percintaan Aisyah dan Nabi Muhammad SAW yang dianggap tidak sopan, hingga sudah ada yang mengubah sebagian liriknya.

Jengah dengan perdebatan itu, penulis lirik Hasbi Haji Muh Ali alias Mr Bie, pun memberikan klarifikasi di akun Instagramnya pada Jumat, 10 April 2020. “Untuk pengetahuan semua, lirik lagu #AisyahIstriRasulullah ditulis dan telah diperhalusi secara berhati-hati dengan merujuk kepada banyak hadis-hadis sahih, bukan ditulis berdasarkan bayangan romantisme sang penulis,” tulisnya.

Tak sekadar membual, Hasbi menunjukkan hadis-hadis itu. Menurut dia, ada sembilan hadis yang ia rujuk dalam mengubah lirik lagu yang sebelumnya berjudul Aisyah dan diciptakan oleh Angah Razif, gitaris Project Band dari Malaysia pada 2017 itu.

Hasbi menjelaskan, pernikahan Nabi Muhammad dengan Aisyah itu didasarkan pada hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. “Lirik sungguh sweet nabi mencintaimu, hingga nabi minum di bekas bibirmu itu ada di HR. Ahmad: nomor 24373),” tulisnya.

Kemudian lirik yang juga dipersoalkan, bila marah nabi kan memanja, mencubit hidungnya, itu diambi dari HR. Ibnu Sunni: 455, dhaif). Hadis itu menceritakan saat Aisyah marah, maka Nabi akan mencubit hidungnya dan berdoa agar Tuhan menghilangkan kemarahan di hatinya.

Pendakwah Malaysia ini juga menunjukkan pada lirik romantisnya cintamu dengan nabi, dengan baginda kau pernah lari-lari, itu berdasarkan cerita Aisyah sendiri saat melakukan perjalanan dengan Nabi Muhammad bersama para sahabat. Saat itu, nabi meminta para sahabatnya berjalan duluan. Ia kemudian mengajak Aisyah balapan lari agar badannya sehat.

Di Indonesia, lagu ini menjadi viral karena dianggap hanya menonjolkan romantisme belaka. Pendakwah Felix Siauw termasuk yang menyukai lagu itu. Menurutnya lagu Aisyah Istri Rasulullah itu bisa menjadi perantara dakwah yang sangat efektif karena banyak kisah yang tersampaikan dari lagu tersebut.

HotNews:  Puan Maharani Baca UUD 1945 Dengan menambahkan Kalimat "Pro Rakyat"

“Feel-nya kena, orang jadi kagum dan ngebet, pengen seperti Bunda Aisyah, kisahnya dengan Rasulullah jadi relationship goals, bukan lagi Song He Kyo X Song Joong Ki. Minimal yang nggak tau agama, respect sama romantisme Rasulullah dan Bunda Aisyah,” tulis Felix. (tmp)