Peluang Kiai Ambunten Merebut Kursi Bupati Sumenep Melalui PKB Masih Terbuka Lebar, Ini Alasanya!

0
453
KH.Unais Ali Hisyam (nomor 3 dari kanan)/Ilustrsi foto/Net

[vc_row][vc_column][vc_column_text]SUMENEP, MADURAEXPOSE.COM—Dinamika politik menjelang Pilkada Sumenep makin dinamis setelah Fattah Jasin dipasangankan dengan KH.Ali Fikri melalui rekomendasi DPP PKB. Begitu dengan Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi yang direkomendasikan oleh PDI Perjuangan bersama istri Ketua MUI Sumenep Nyai Dewi Khalifah Safraji.

Sebelumnya, KH.Unais Ali Hisyam, Pengasuh Pondok Pesantren Aswaja, Ambunten menyikapi pencalonan Fattah Jasin- Ra Fikri (KH.Muhammad Ali Fikri) yang menurutnya masih belum final selama proses pendaftaran di KPU belum dilaksanakan.

Kiai Unais yang juga pernah menjabat sebagai Anggota DPR RI dari Fraksi PKB ini menjelaskan, masa pendaftaran Pasangan Calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati dari partai politik ke KPU masih lama, yakni pada 4 September 2020.

Jika dihitung dari bulan Juli, maka waktu yang tersisa masih sekitar tiga bulan menuju pendaftaran calon parpol ke KPU. Hal itu, lanjut Unais, merupakan jedah panjang bagi partai politik untuk membulatkan strategi pemenangan. Termasuk dalam menentukan calon tetap yang akan disusung pada Pilkada Sumenep 2020.

“Bagi partai yang dinamis, yang melihat survei elektabilitas dan semacamnya itu. Waktu dua bulan itu sangat lama. Masih bisa berubah. Mahfud MD saja H – 4 Jam untuk jadi wakil pak Jokowi pada Pilpres kemarin berubah. Ini masih H – 2 bulan,” demikian KH. Unais Ali Hisyam kepada wartawan baru-baru ini.

Politisi ganteng yang masih menjabat sebagai Dewan Syuro DPP PKB ini masih sangat optimis bisa maju dalam Pilkada Sumenep 9 Desember 2020. Bahakn, ipar dari KH.Fayyad As’ad Pondok Pesantren Karay Kecamatan Ganding inipun mengaku sudah punya calon wakil yang akan mendampingi pencalonananya nanti.

Dalam dunia politik,lanjut Unais, perubahan bisa saja terjadi dalam hitungan detik tanpa diperhitungkan sebelumnya. Berdasar hal itu, Ia dengan santai mengucapkan,
“Bahwa masih ada peluang besar untuk mendapat rekom dari PKB sebagai Calon Bupati Sumenep,” pungkasnya.

Ditempat terpisah, Zamrud Khan, mantan Ketau Panwaslu (sekarang Bawaslu) Sumenep dua priode mengamini aturan KPU yang disampaikan Unais Ali Hisyam. Dikatakan dia, meski saat ini DPP PKB sudah mengeluarkan rekom untuk Fattah Jasin, hal itu bukan segalanya.

“Artinya, selama belum ada penetapan calon oleh KPU, maka sangat mungkin pasangan calon yang sudah direkom parpol itu bisa diganti kapan saja. Ya, wajar dong kalau Kiai Unais masih optimis bisa maju melalui PKB. Kita lihat saja tanggal mainnya,” papar Zamrud Khan dalam sebuah wawancara khusus dengan Maduraexpose.com tak lama ini.
[bar/fer]

Editor: Ferry Arbania
Sumber: Dari berbagai sumber
[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]