Pasar Semi Modern di Blok A Pasar Anom Baru Sumenep Diresmikan

0
683
Bupati Sumenep dan Direktur PT Maje/MaduraExpose.com

MADURAEXPOSE.COM–Bupati Sumenep A.Busyro Karim secara meresmikan bangunan Pasar Anom Baru Sumenep di bagian Blok A untuk ditempati oleh ratusan pedagang yang sudah terinventarisir. Bangunan pasar semi modern ini dibangun setelah terjadi kebakaran hebat pada tahun 2007 silam.

“Ini adalah pasar semi modern yang tentunya berbeda dengan sebelumnya. Dengan pasar sekarang, masyarakat tidak perlu lagi melepas sandal atau sepatu karena becek. Karena sekarang pasarnya sudah bagus dengan bangunan beton baja,” terang Bupati Sumenep A.Busyro Karim saat memberikan sambutan.

Mantan Ketua DPRD Sumenep dua priode itu juga bilang, setelah terjadi kebakaran tahun 2007, masalah itu menjadi pembahasan serius pihak DPRD dan Pemkab. Saat itu, Busyro Karim masih menjabat sebagai Ketua DPRD Sumenep.

“Pada tahun 2008 sempat kita bahas di DPRD yang kemudian kita anggarkan di APBD. Sayangnya waktu itu, perencanaannya kurang matang akhirnya kita anggarkan lagi pada tahun 2011,” terangnya didepan awak media.

Masih menurut Bupati, meski Tahun 2011 telah dianggarkan kembali melalui APBD, namun pembangunan pasar gagal lagi setelah adanya permasalahan yang berbuntut hukum. dianggarkan menggunakan APBD, namun gagal lagi, karena ada permasalahan, kemudian diselesaikan secara hukum.

”Alhamdulillah pada tahun 2014 lalu, pembangunan pasar anom bisa kita garap dengan cara dipihak ketigakan (diswastakan). Jadi murni,anggaran sebesar 40,7 miliar itu tidak bersumber dari APBD” pungkasnya.

Sementara Didik Untung Samsidi, Kepala DPPKA Sumenep dalam jumpa pres nya mengatakan, pembangunan pasar anom baru khusus Bloka A ini digarapa sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap korban kebakaran tahun 2007 silam.

“Bagi korban pasca kebakaran tahun 2007, bisa langsung menempati. Diluar itu bisa beli tempat dilantai II. Karena untuk i BLOK A ini ada 477 kios dan toko. Sedangkan dilantai bawah ada 236 stan dan kios dan 244 untuk lantai atas”, [*fer]