OPS Simpati Semeru 2015: Kasatlantas Polres Sumenep AKP Musa Bakhtiar tengah memberikan pemahaman kepada sejumlah pengendara

MaduraExpose.com- Senin (6/4/) lalu Sat Lantas Polres Sumenep, Jawa Timur mengadakan layanan simpatik terhadap masyarakat Desa Rombiya Barat, Kecamatan Ganding dalam upaya tertib berlalu lintas. Kegiatan ini merupakan hari ketujuh pelaksanaan Ops Simpati Semeru – 2015.

Satlantas juga mensosialisasikan  tentang penyelesian perkara tilang, perkara Laka Lantas, pelayanan samsat dan penerbitan Surat Ijin Mengemudi (SIM).

Kasatlantas Polres Sumenep, AKP Musa Bakhtiar menarangkan, mekanisme penyelesaian perkara tilang bagi pengendara yang melanggar dan terkena tilang petugas, akan diberi  surat tilang berwarna merah disarankan hadir ke pengandilan negeri Sumenep untuk penyelesaian perkara.

Khusus bagi pelanggar yang mendapat surat tilang warna biru dapat tidak hadir di pengadilan. Sedang mekanisme penyelesaian perkaranya  (laka lantas), yang bersangkutan bisa menghubungi  kantor polisi terdekat atau menghubungi piket laka lantas.

Untuk selanjutnya, petugas dari Satlantas Polres Sumenep akan mendatangi TKP (Tempat Kejadian Perkara) dan melakukan olah TKP untuk selanjutnya dilakukan proses sidik.

Kasatlantas juga menerangkan  mekanisme penerbitan SIM bagi  pemohon melalui beberapa mekanisme yang sudah diatur berdasarkan ketentuan yang ada. Yakni, pemohon terlebih dulu  mengisi formulir tidak buta huruf, usia minimal 17  tahun dan terampil mengemudikan sepeda motor.

Sedangkan untuk mekanisme pelayanan samsat perpanjangan surat  kendaraan bermotor selama lima tahun dilakukan pengesahan selama satu tahun.

(pol-Sum/fer)