MPU Bak Terbuka Masih Laris Manis

0
941
Puluan penumpang tengah berebut menaiki MPU bak terbuka. Foto ini diambil beberapa hari lalu di Pasar Pakong, Pamekasan, Madura, [Ferry Arbania/Maduraexpose.com]

Maduraexpose.com- Meski undang-undang kepolisian melarang kendaraan umum atau MPU mengangkut penumpang menggunakan mobil dengan bak terbuka mengangkut penumpang, realitas dilapangan banyak yang seolah-olah tidak mengindahkan.

Beberapa sopir MPU bak terbuka yang berhasil diwawancarai Maduraexpose.com mengaku sangat dilematis, karena kebanyakan penumpang yang menggunakan pick-up cenderung membawa barang yang tidak mungkin diangkur oleh kendaraan tertutup.

“Lagian kalau menggunakan MPU tertutup atau orang sini bilang mobil station, rasanya jadi beban karena jumlah penumpang sudah berkurang. Kebanyakan mereka sudah punya kendaraan sendiri seperti speda motor dan sebagian mobil pribadi”, ujar Subaidi, salah satu sopir MPU bak terbuka atau pikc up, yang mengaku dari Sumenep, Madura, Jawa Timur, Rabu (14/10/2015).

Lain lagi alasan Pak Mamad, sopir MPU bak terbuka asal Pamekasan, Madura. Menurutnya, dirinya sangat terpaksa beralih ke sopir mobil dengan bak terbuka karena dinilai lebih serbaguna dan jauh menguntungkan.

“Sekarang penumpang yang menggunakan jasa MPU jenis mobil tertutup sudah sangat sepi dibanding tahun-tahun sebelumnya. Kadang seharian hanya cukup beli bensin kendaraan. Makanya teman-teman banyak yang pindah ke mobil pick up. Kalau penumpang sepi, kita bisa ngangkut barang. Jadi rejeki tetap lancar Mas”, ujarnya sambil tertawa lepas.

(Liputan Redaksi)