Hanie ExjhAn EL NieZam55Para model identik dengan ukuran tubuh yang kecil dan singset yang berukuran 6 sampai 8. Lucunya, majalah Slink yang berbasis di Inggris mencari model berukuran 20 ke atas alias bertubuh gemuk.

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM

Di Inggris sebanyak 4,9 juta perempuan menggunakan pakaian berukuran 18 , padahal rata-rata pakaian di Inggris berukuran 16. Kebanyakan media menampilkan model-model berukuran kecil dengan ukuran 6 sampai 8, sedangkan di Inggris industri model bermulai dari ukuran 12 sampai 16.

Hal ini cukup membingungkan, bagi pendiri majalah Slink Rivkie Baum. Menurutnya sebagian besar penduduk Inggris hanya mencari ukuran perempuan 14 ke atas. Industri plus-size adalah industri yang lebih menguntungkan, sayang hanya sedikit modelnya.

Model-model seperti Robyn Lawley, Denise Bidot, dan Candice Huffine adalah sekumpulan model yang sering dipesan oleh merek-merek terkenal seperti Tom Ford sampai Ralph Lauren. Mereka bahkan juga tampil di New York Fashion Week dan menjadi sampul depan Elle dan Vogue Italia.

Ukuran baju tidak sesuai

Sayangnya bagi mereka yang bertubuh besar, ada kekurangan dalam industri baju plus-size, yaitu model yang mencerminkan ukuran bajunya. Meskipun sebagian besar pakaiannya berukuran sampai 26, tidak demikian dengan modelnya.

Hal tersebut lalu diprotes oleh konsumen majalan Slink. Sebab, pakaian yang dikenakan oleh para model tidak tampak seperti aslinya saat dikenakan.

Kebanyakan dari konsumen membeli pakaian secara online. Pada situs, konsumen melihat bagaimana pakaian ini dikenakan oleh model-model yang tidak memiliki badan seperti mereka. Sehingga, ketika pakaiannya sampai ke tangan mereka pakaian ini menjadi sangat berbeda saat mereka kenakan.

Hal ini membuat Baum mencari model-model yang sesuai untuk pakaian plus-size ini. Menurutnya mencari agensi model yang menawarkan model di atas ukuran 16 adalah hampir mustahil.

Baum juga sempat bertemu dengan merek Elvi. Merek yang bermarkas di Inggris tersebut meminta pendapat Baum untuk mencari model yang dapat merepresentasikan para konsumennya, sampai akhirnya mereka mengambil kesimpulan bahwa mereka harus mencari modelnya sendiri.

Elvi dan Slink membuka kompetisi untuk mencari empat perempuan dengan masing-masing kategori ukuran 20, 22, 24, 26 untuk memeragakan koleksi pakaian musim semi dan panas 2015. Jika berminat Anda dapat mengirimkan foto ke models@elvi.co.uk.

(win/mer/cnn)