MADURA EXPOSE- Mesir sedang “memasuki dunia energi surya” setelah meresmikan pembangkit listrik tenaga surya terbesar di dunia awal tahun ini, jantor berita Rusia Today melaporkan pada hari Jum’at (26/7/2018).

Melaporkan pernyataan pejabat Mesir Hassan Abaza, RT mengatakan bahwa pembangkit listrik superpower tersebut dibangun di kota Aswan, Mesir selatan. Ini mulai memasok jaringan nasional Desember lalu.

Abaza menegaskan kembali bahwa ini adalah pembangkit listrik tenaga surya terbesar di dunia, mencatat bahwa negaranya sedang menuju lebih banyak investasi semacam pembangkit listrik  sebagai bagian dari rencananya untuk pembangunan berkelanjutan. Dia juga mengatakan bahwa energi tenaga surya lebih baik daripada minyak karena terbarukan, menekankan bahwa “ekonomi hijau” adalah mekanisme untuk mencapai pembangunan berkelanjutan.

Dalam jangka panjang, diperkirakan bahwa investasi hijau dan terbarukan jauh lebih murah daripada sumber daya tradisional.

Pabrik ini terdiri dari 200.000 panel surya dan 780 pelacak matahari yang memungkinkan panel untuk bergerak dan menghadap matahari sepanjang hari. Ini menghasilkan hingga 1,8 gigawatt daya, yang cukup untuk melayani 20.000 rumah tangga.

(st/MeM)